Tips Merawat Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen, Mudah dan Praktis!

Ikan hias air tawar tanpa oksigen adalah sebutan untuk jenis-jenis ikan hias yang dapat hidup di perairan tawar tanpa memerlukan tambahan oksigen dari luar.

Keberadaan ikan hias air tawar tanpa oksigen sangat penting karena dapat menjadi alternatif bagi hobiis yang tidak memiliki waktu atau peralatan yang memadai untuk menyediakan aerasi pada akuarium. Ikan jenis ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi dan dapat memperkaya keanekaragaman biota dalam akuarium.

Salah satu contoh ikan hias air tawar tanpa oksigen yang cukup populer adalah ikan gabus (Channa spp.). Ikan ini memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari permukaan air melalui organ labirin yang dimilikinya. Perkembangan teknologi akuarium telah memungkinkan pemeliharaan ikan hias air tawar tanpa oksigen menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

ikan hias air tawar tanpa oksigen

Ikan hias air tawar tanpa oksigen memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Aspek-aspek tersebut meliputi:

  • Jenis ikan
  • Kebutuhan oksigen
  • Ukuran akuarium
  • Jenis tanaman
  • Filtrasi
  • Makanan
  • Pencahayaan
  • Suhu air
  • Kualitas air
  • Perawatan

Setiap aspek saling terkait dan penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan ikan hias air tawar tanpa oksigen. Pemilihan jenis ikan yang tepat, misalnya, akan menentukan kebutuhan oksigen dan ukuran akuarium yang diperlukan. Jenis tanaman yang dipilih juga akan mempengaruhi kualitas air dan kadar oksigen dalam akuarium. Selain itu, filtrasi yang baik akan membantu menghilangkan kotoran dan menjaga kualitas air, sehingga ikan dapat hidup dengan sehat tanpa tambahan oksigen.

Jenis ikan

Jenis ikan merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Pemilihan jenis ikan yang tepat akan menentukan kebutuhan oksigen, ukuran akuarium, dan jenis tanaman yang diperlukan.

  • Kemampuan bernapas

    Jenis ikan yang dipilih harus memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari permukaan air atau dari udara. Beberapa jenis ikan yang cocok untuk akuarium tanpa oksigen antara lain ikan gabus (Channa spp.), ikan cupang (Betta splendens), dan ikan killi (Aplocheilidae).

  • Ukuran tubuh

    Ukuran tubuh ikan juga perlu diperhatikan. Ikan yang berukuran kecil akan membutuhkan lebih sedikit oksigen dibandingkan ikan yang berukuran besar. Oleh karena itu, pilihlah jenis ikan yang sesuai dengan ukuran akuarium yang tersedia.

  • Kebiasaan hidup

    Perhatikan juga kebiasaan hidup ikan. Ada jenis ikan yang aktif bergerak dan membutuhkan banyak oksigen, ada pula jenis ikan yang lebih tenang dan dapat hidup dengan kadar oksigen yang lebih rendah. Sesuaikan jenis ikan yang dipilih dengan kondisi akuarium yang ada.

  • Sifat ikan

    Beberapa jenis ikan memiliki sifat agresif dan dapat mengganggu ikan lain. Pilihlah jenis ikan yang damai dan tidak akan menimbulkan masalah dalam akuarium.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat memilih jenis ikan hias air tawar tanpa oksigen yang tepat untuk akuarium Anda. Perawatan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan ikan akan membuat ikan dapat hidup sehat dan bahagia dalam akuarium tanpa oksigen.

Kebutuhan oksigen

Kebutuhan oksigen merupakan aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Ikan jenis ini memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari permukaan air atau dari udara, tetapi kebutuhan oksigennya bervariasi tergantung pada beberapa faktor.

  • Ukuran tubuh

    Ikan yang berukuran besar membutuhkan lebih banyak oksigen dibandingkan ikan yang berukuran kecil. Oleh karena itu, perlu menyesuaikan ukuran akuarium dengan jumlah dan ukuran ikan yang dipelihara.

  • Jenis ikan

    Jenis ikan juga mempengaruhi kebutuhan oksigen. Ikan yang aktif bergerak dan memiliki metabolisme tinggi membutuhkan lebih banyak oksigen dibandingkan ikan yang lebih tenang. Beberapa jenis ikan, seperti ikan gabus dan ikan cupang, memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari udara sehingga kebutuhan oksigennya lebih rendah.

  • Jumlah ikan

    Jumlah ikan dalam akuarium juga mempengaruhi kebutuhan oksigen. Semakin banyak ikan yang dipelihara, semakin banyak oksigen yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk tidak memelihara ikan secara berlebihan dalam satu akuarium.

  • Kualitas air

    Kualitas air juga mempengaruhi kebutuhan oksigen. Air yang bersih dan jernih mengandung lebih banyak oksigen dibandingkan air yang kotor dan keruh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan akuarium dan melakukan penggantian air secara teratur.

Dengan memahami kebutuhan oksigen ikan hias air tawar tanpa oksigen, Anda dapat memelihara ikan-ikan tersebut dengan baik dan sehat. Pastikan ukuran akuarium, jumlah ikan, dan kualitas air sesuai dengan kebutuhan oksigen ikan yang dipelihara. Dengan perawatan yang tepat, ikan hias air tawar tanpa oksigen dapat hidup sehat dan bahagia dalam akuarium Anda.

Ukuran akuarium

Ukuran akuarium merupakan aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Akuarium yang terlalu kecil dapat menyebabkan ikan kekurangan oksigen dan stres, sedangkan akuarium yang terlalu besar dapat membuat ikan sulit mendapatkan makanan dan bersembunyi.

See also  Apa Nama Jenis Ikan Hias yang Wajib Dipelihara?

Kebutuhan ruang ikan bervariasi tergantung pada jenis ikan dan ukuran tubuhnya. Ikan yang berukuran besar dan aktif membutuhkan lebih banyak ruang dibandingkan ikan yang berukuran kecil dan tenang. Sebagai aturan umum, disarankan untuk menyediakan setidaknya 10 liter air untuk setiap 1 cm panjang ikan.

Selain ukuran ikan, jumlah ikan dalam akuarium juga perlu diperhatikan. Semakin banyak ikan yang dipelihara, semakin besar ukuran akuarium yang dibutuhkan. Hindari memelihara ikan secara berlebihan dalam satu akuarium, karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen dan masalah kesehatan lainnya.

Dengan memperhatikan ukuran akuarium dan jumlah ikan yang dipelihara, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda. Ikan yang sehat dan bahagia akan lebih aktif, memiliki warna yang cerah, dan memiliki umur yang lebih panjang.

Jenis tanaman

Jenis tanaman merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Tanaman air berperan penting dalam menyediakan oksigen terlarut dalam air, yang dibutuhkan oleh ikan untuk bernapas. Selain itu, tanaman juga membantu menyaring air dan menyerap nutrisi berlebih, sehingga menjaga kualitas air tetap baik.

Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk akuarium ikan hias air tawar tanpa oksigen antara lain:

  • Amazon sword (Echinodorus amazonicus)
  • Java fern (Microsorum pteropus)
  • Anubias (Anubias barteri)
  • Water sprite (Ceratopteris thalictroides)
  • Hornwort (Ceratophyllum demersum)

Tanaman-tanaman tersebut memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. Keberadaan tanaman dalam akuarium akan meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air, sehingga ikan dapat bernapas dengan lebih baik. Selain itu, tanaman juga menyediakan tempat bersembunyi dan bermain bagi ikan, sehingga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan ikan secara keseluruhan.

Filtrasi

Filtrasi merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Sistem filtrasi yang baik akan membantu menjaga kualitas air akuarium, sehingga ikan dapat hidup sehat dan bahagia. Ada beberapa jenis sistem filtrasi yang dapat digunakan untuk akuarium ikan hias air tawar tanpa oksigen, antara lain:

  • Filtrasi mekanis

    Filtrasi mekanis berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel padat dari air akuarium. Jenis filtrasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan filter mekanis, seperti filter spons atau filter kapas.

  • Filtrasi biologis

    Filtrasi biologis berfungsi untuk memecah senyawa organik yang berbahaya bagi ikan, seperti amonia dan nitrit. Jenis filtrasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan filter biologis, seperti filter bakteria atau filter tetes.

  • Filtrasi kimia

    Filtrasi kimia berfungsi untuk menghilangkan bahan kimia berbahaya dari air akuarium, seperti klorin dan logam berat. Jenis filtrasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan filter kimia, seperti filter karbon aktif.

  • Filtrasi UV

    Filtrasi UV berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus yang terdapat dalam air akuarium. Jenis filtrasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan lampu UV.

Pemilihan jenis sistem filtrasi yang tepat akan tergantung pada ukuran akuarium, jumlah ikan, dan jenis ikan yang dipelihara. Dengan sistem filtrasi yang baik, air akuarium akan tetap bersih dan sehat, sehingga ikan dapat hidup dengan nyaman dan terhindar dari penyakit.

Makanan

Makanan merupakan aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Pemberian makanan yang tepat akan membantu ikan tetap sehat dan aktif. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian makanan untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen:

  • Jenis makanan

    Jenis makanan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan ikan. Ikan hias air tawar tanpa oksigen umumnya memakan makanan hidup, seperti cacing sutera, kutu air, dan jentik nyamuk. Selain itu, ikan juga dapat diberikan makanan kering, seperti pelet dan flakes.

  • Frekuensi pemberian makanan

    Frekuensi pemberian makanan juga perlu diperhatikan. Ikan hias air tawar tanpa oksigen umumnya diberi makan 1-2 kali sehari. Namun, frekuensi pemberian makanan dapat disesuaikan dengan jenis ikan dan ukuran tubuhnya.

  • Jumlah makanan

    Jumlah makanan yang diberikan harus disesuaikan dengan jumlah ikan dan ukuran tubuhnya. Jangan memberi makan ikan secara berlebihan, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kembung dan sembelit.

  • Waktu pemberian makanan

    Waktu pemberian makanan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya ikan diberi makan pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini akan membantu ikan mengatur pola makannya dan terhindar dari stres.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat memberikan makanan yang tepat untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda. Ikan yang sehat dan aktif akan lebih cantik dan memiliki umur yang lebih panjang.

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Pencahayaan yang tepat akan membantu ikan tetap sehat, aktif, dan memiliki warna yang cerah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pencahayaan untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen:

See also  Panduan Memilih Toko Ikan Hias Surabaya untuk Para Pecinta Ikan

  • Intensitas cahaya

    Intensitas cahaya harus disesuaikan dengan jenis ikan yang dipelihara. Ikan yang hidup di perairan dangkal membutuhkan intensitas cahaya yang lebih tinggi dibandingkan ikan yang hidup di perairan dalam.

  • Durasi pencahayaan

    Durasi pencahayaan juga perlu diperhatikan. Sebagian besar ikan hias air tawar tanpa oksigen membutuhkan durasi pencahayaan sekitar 12-14 jam per hari.

  • Jenis lampu

    Jenis lampu yang digunakan juga mempengaruhi kualitas pencahayaan. Sebaiknya gunakan lampu yang menghasilkan cahaya putih atau biru, karena jenis cahaya tersebut lebih mudah diserap oleh ikan.

  • Posisi lampu

    Posisi lampu juga perlu diperhatikan. Lampu harus diletakkan pada posisi yang tepat agar cahaya dapat menyebar secara merata ke seluruh akuarium.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat memberikan pencahayaan yang tepat untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda. Ikan yang sehat dan aktif akan lebih cantik dan memiliki umur yang lebih panjang.

Suhu air

Suhu air merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Suhu air yang tepat akan membantu ikan tetap sehat, aktif, dan memiliki warna yang cerah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait suhu air untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen:

  • Kisaran suhu

    Kisaran suhu air yang ideal untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen bervariasi tergantung pada jenis ikan. Namun, secara umum, suhu air yang ideal berada pada kisaran 24-28 derajat Celcius.

  • Stabilitas suhu

    Stabilitas suhu air juga penting untuk kesehatan ikan. Suhu air yang berfluktuasi secara drastis dapat menyebabkan stres dan penyakit pada ikan.

  • Pemanas air

    Pada daerah dengan suhu udara yang dingin, penggunaan pemanas air dapat diperlukan untuk menjaga suhu air akuarium tetap stabil.

  • Pendingin air

    Pada daerah dengan suhu udara yang panas, penggunaan pendingin air dapat diperlukan untuk menjaga suhu air akuarium tetap sejuk.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat menjaga suhu air akuarium tetap ideal untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda. Ikan yang sehat dan aktif akan lebih cantik dan memiliki umur yang lebih panjang.

Kualitas air

Kualitas air merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Air yang bersih dan sehat akan membantu ikan tetap sehat, aktif, dan memiliki warna yang cerah. Berikut beberapa aspek penting terkait kualitas air untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen:

  • pH

    pH air menunjukkan tingkat keasaman atau kebasaan air. Ikan hias air tawar tanpa oksigen umumnya membutuhkan pH air yang netral atau sedikit basa, sekitar 7,0-7,5.

  • Kekerasan air

    Kekerasan air menunjukkan jumlah mineral terlarut dalam air. Ikan hias air tawar tanpa oksigen umumnya membutuhkan air dengan kekerasan sedang, sekitar 5-15 dGH.

  • Suhu air

    Suhu air yang ideal untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen bervariasi tergantung pada jenis ikan. Namun, secara umum, suhu air yang ideal berada pada kisaran 24-28 derajat Celcius.

  • Kebersihan air

    Kebersihan air sangat penting untuk menjaga kesehatan ikan. Air yang kotor dapat mengandung bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit pada ikan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan air akuarium dengan cara melakukan penggantian air secara teratur dan membersihkan filter akuarium.

Dengan memperhatikan aspek-aspek kualitas air tersebut, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda. Ikan yang sehat dan aktif akan lebih cantik dan memiliki umur yang lebih panjang.

Perawatan

Perawatan merupakan salah satu aspek penting dalam memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen. Perawatan yang baik akan membantu ikan tetap sehat, aktif, dan memiliki warna yang cerah. Berikut beberapa aspek penting terkait perawatan ikan hias air tawar tanpa oksigen:

  • Pemberian makan

    Pemberian makan yang tepat akan membantu ikan tetap sehat dan aktif. Ikan hias air tawar tanpa oksigen umumnya memakan makanan hidup, seperti cacing sutera, kutu air, dan jentik nyamuk. Selain itu, ikan juga dapat diberikan makanan kering, seperti pelet dan flakes.

  • Penggantian air

    Penggantian air secara teratur sangat penting untuk menjaga kualitas air akuarium. Air yang kotor dapat mengandung bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit pada ikan. Penggantian air juga membantu menghilangkan kotoran dan sisa makanan yang menumpuk di dasar akuarium.

  • Pembersihan filter

    Filter akuarium berfungsi untuk menyaring kotoran dan menjaga kualitas air tetap baik. Filter yang kotor dapat mengurangi efisiensi penyaringan, sehingga air akuarium menjadi kotor dan dapat membahayakan ikan. Oleh karena itu, filter akuarium perlu dibersihkan secara teratur.

  • Penanganan penyakit

    Penyakit dapat menyerang ikan hias air tawar tanpa oksigen kapan saja. Oleh karena itu, penting untuk selalu memantau kondisi ikan dan segera melakukan penanganan jika ada tanda-tanda penyakit. Penanganan penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan atau dengan cara alami, seperti meningkatkan kualitas air dan memberikan makanan yang sehat.

See also  Panduan Lengkap Merawat Ikan Hias Viral untuk Pemula

Dengan memperhatikan aspek-aspek perawatan tersebut, Anda dapat menjaga ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda tetap sehat dan bahagia. Ikan yang sehat dan aktif akan lebih cantik dan memiliki umur yang lebih panjang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen

Pertanyaan yang sering diajukan ini akan menjawab pertanyaan umum dan memberikan klarifikasi terkait ikan hias air tawar tanpa oksigen, membantu Anda memahami dan memeliharanya dengan baik.

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan ikan hias air tawar tanpa oksigen?

Ikan hias air tawar tanpa oksigen adalah jenis ikan hias yang dapat hidup di perairan tawar tanpa memerlukan tambahan oksigen dari luar karena memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari permukaan air atau dari udara.

Pertanyaan 2: Apa saja jenis ikan hias air tawar tanpa oksigen?

Beberapa jenis ikan hias air tawar tanpa oksigen yang populer antara lain ikan gabus (Channa spp.), ikan cupang (Betta splendens), dan ikan killi (Aplocheilidae).

Pertanyaan 3: Bagaimana cara merawat ikan hias air tawar tanpa oksigen?

Perawatan ikan hias air tawar tanpa oksigen meliputi pemberian makan yang tepat, penggantian air secara teratur, pembersihan filter, dan penanganan penyakit.

Pertanyaan 4: Apa saja manfaat memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen?

Memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen memiliki beberapa manfaat, seperti tidak perlu menggunakan aerator, dapat menjadi alternatif bagi hobiis yang memiliki keterbatasan waktu atau peralatan, dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Pertanyaan 5: Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih akuarium untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen?

Saat memilih akuarium untuk ikan hias air tawar tanpa oksigen, perlu diperhatikan ukuran akuarium, jenis tanaman, filtrasi, dan kualitas air.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mencegah penyakit pada ikan hias air tawar tanpa oksigen?

Untuk mencegah penyakit pada ikan hias air tawar tanpa oksigen, penting untuk menjaga kualitas air yang baik, memberikan makanan yang sehat, dan segera melakukan penanganan jika ada tanda-tanda penyakit.

Pertanyaan yang sering diajukan ini memberikan pemahaman dasar tentang ikan hias air tawar tanpa oksigen. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat memelihara ikan hias tersebut dengan baik dan menikmati keindahannya.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang cara memilih jenis ikan hias air tawar tanpa oksigen yang tepat untuk akuarium Anda.

Tips Merawat Ikan Hias Air Tawar Tanpa Oksigen

Merawat ikan hias air tawar tanpa oksigen membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka. Berikut adalah beberapa tips penting untuk membantu Anda dalam memelihara ikan-ikan tersebut:

Tip 1: Pilih jenis ikan yang tepat
Pilih jenis ikan yang memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari permukaan air atau dari udara, seperti ikan gabus, ikan cupang, dan ikan killi.

Tip 2: Sediakan akuarium yang cukup besar
Akuarium yang terlalu kecil dapat membatasi pergerakan ikan dan mengurangi kadar oksigen dalam air.

Tip 3: Tanam tanaman air
Tanaman air membantu melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis dan juga memberikan tempat bersembunyi bagi ikan.

Tip 4: Gunakan sistem filtrasi yang baik
Filtrasi membantu menjaga kualitas air dan menghilangkan kotoran yang dapat mengurangi kadar oksigen.

Tip 5: Beri makan ikan secara teratur
Makanan yang bergizi membantu ikan tetap sehat dan aktif, yang membutuhkan lebih banyak oksigen.

Tip 6: Jaga kebersihan air
Air yang kotor dapat mengurangi kadar oksigen dan menyebabkan penyakit pada ikan.

Tip 7: Pantau kondisi ikan
Amati ikan secara teratur untuk mengetahui tanda-tanda penyakit atau stres yang dapat disebabkan oleh kekurangan oksigen.

Tip 8: Lakukan penggantian air secara berkala
Penggantian air membantu menyegarkan air dan meningkatkan kadar oksigen.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa ikan hias air tawar tanpa oksigen Anda tetap sehat dan hidup bahagia di akuarium Anda.

Penting untuk diingat bahwa setiap spesies ikan memiliki kebutuhan spesifik, jadi lakukan riset sebelum memilih jenis ikan dan sesuaikan perawatan sesuai dengan kebutuhan mereka. Perawatan yang tepat akan memungkinkan Anda menikmati keindahan ikan hias air tawar tanpa oksigen untuk waktu yang lama.

Kesimpulan

Ikan hias air tawar tanpa oksigen merupakan kelompok ikan hias yang menarik dan unik, yang tidak memerlukan tambahan oksigen dari luar untuk bertahan hidup. Merawat ikan-ikan ini membutuhkan perhatian khusus, namun dengan mengikuti tips yang tepat, Anda dapat memastikan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Beberapa poin penting yang perlu diingat ketika memelihara ikan hias air tawar tanpa oksigen meliputi pemilihan jenis ikan yang tepat, penyediaan akuarium yang cukup besar, penanaman tanaman air, penggunaan sistem filtrasi yang baik, pemberian makan yang teratur, menjaga kebersihan air, memantau kondisi ikan, dan melakukan penggantian air secara berkala. Dengan memahami kebutuhan spesifik mereka dan memberikan perawatan yang sesuai, Anda dapat menikmati keindahan ikan hias air tawar tanpa oksigen selama bertahun-tahun yang akan datang.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *