Panduan Lengkap Aquascape Ikan Hias: Tren, Tips, dan Inspirasi

Aquatrend ikan hias aquascape adalah istilah yang merujuk pada tren memelihara ikan hias dalam lingkungan akuarium yang meniru ekosistem perairan alami. Dalam praktik aquascape, digunakan tanaman hidup, batu, dan kayu untuk menciptakan lingkungan yang indah dan menyerupai alam bagi ikan hias.

Aquascape tidak hanya menjadi hobi yang menghibur, tetapi juga memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi stres, memberikan rasa tenang, dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Selain itu, aquascape menjadi populer sejak tahun 1990-an, ketika Takashi Amano, seorang fotografer alam Jepang, mempresentasikan gaya aquascape alaminya yang mengagumkan.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang aquatrend ikan hias aquascape, termasuk teknik pembuatannya, pilihan tanaman dan ikan yang cocok, serta tren terbaru dalam dunia aquascape.

aquatrend ikan hias aquascape

Aquatrend ikan hias aquascape merupakan salah satu aspek penting dalam hobi memelihara ikan hias. Beberapa aspek penting tersebut antara lain:

  • Pemilihan ikan yang tepat
  • Pemilihan tanaman air
  • Tata letak aquascape
  • Pencahayaan
  • Filtrasi
  • Pupuk dan CO2
  • Perawatan rutin
  • Komposisi dan keseimbangan
  • Tren terbaru
  • Seni dan estetika

Semua aspek tersebut saling terkait dan memengaruhi keindahan dan kesehatan aquascape. Pemilihan ikan yang tepat, misalnya, akan memengaruhi jenis tanaman air yang digunakan, tata letak aquascape, dan kebutuhan pencahayaan. Tata letak yang baik akan membuat aquascape terlihat indah dan alami, sementara pencahayaan yang cukup akan memastikan tanaman air dapat tumbuh dengan baik. Filtrasi dan perawatan rutin sangat penting untuk menjaga kualitas air dan kesehatan ikan, sedangkan pupuk dan CO2 dapat membantu tanaman air tumbuh lebih subur. Komposisi dan keseimbangan adalah aspek penting dalam menciptakan aquascape yang harmonis dan estetis, sedangkan tren terbaru dan seni melengkapi keindahan aquascape.

Pemilihan ikan yang tepat

Pemilihan ikan yang tepat merupakan salah satu aspek terpenting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Ikan yang dipilih harus sesuai dengan ukuran, jenis tanaman air, dan tata letak aquascape. Pemilihan ikan yang salah dapat menyebabkan masalah, seperti ikan yang terlalu besar untuk aquascape, ikan yang tidak cocok dengan tanaman air, atau ikan yang agresif terhadap ikan lain.

Misalnya, jika aquascaper memilih ikan yang terlalu besar untuk aquascape, ikan tersebut tidak akan memiliki cukup ruang untuk berenang dan dapat merusak tanaman air. Selain itu, jika aquascaper memilih ikan yang tidak cocok dengan tanaman air, ikan tersebut dapat memakan tanaman atau merusak akarnya. Ikan yang agresif juga dapat menyebabkan masalah, seperti mengejar dan melukai ikan lain.

Oleh karena itu, penting bagi aquascaper untuk melakukan riset dan memilih ikan yang tepat untuk aquascape mereka. Dengan memilih ikan yang tepat, aquascaper dapat menciptakan aquascape yang indah dan harmonis yang dapat dinikmati selama bertahun-tahun.

Pemilihan tanaman air

Pemilihan tanaman air merupakan salah satu aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Tanaman air tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem aquascape. Tanaman air dapat menyerap nutrisi dari air, menyediakan oksigen, dan menjadi tempat berlindung bagi ikan.

Pemilihan tanaman air harus disesuaikan dengan ukuran, jenis ikan, dan tata letak aquascape. Tanaman air yang terlalu besar dapat membuat aquascape terlihat penuh sesak, sedangkan tanaman air yang terlalu kecil dapat hilang dalam aquascape. Jenis ikan juga harus dipertimbangkan, karena beberapa ikan dapat memakan atau merusak tanaman air tertentu. Tata letak aquascape juga memengaruhi pemilihan tanaman air, karena tanaman air yang membutuhkan banyak cahaya harus ditempatkan di dekat sumber cahaya.

Pemilihan tanaman air yang tepat dapat menciptakan aquascape yang indah dan harmonis. Tanaman air dapat digunakan untuk menciptakan titik fokus, menambahkan warna dan tekstur, dan memberikan kesan kedalaman. Selain itu, tanaman air juga dapat membantu menjaga kualitas air dan menyediakan oksigen bagi ikan. Dengan memilih tanaman air yang tepat, aquascaper dapat menciptakan aquascape yang sehat dan indah yang dapat dinikmati selama bertahun-tahun.

Tata letak aquascape

Tata letak aquascape merupakan salah satu aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Tata letak yang baik akan membuat aquascape terlihat indah dan alami, serta memberikan ruang yang nyaman bagi ikan dan tanaman untuk hidup. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membuat tata letak aquascape:

  • Prinsip dasar

    Prinsip dasar tata letak aquascape adalah menciptakan keseimbangan antara keindahan dan fungsionalitas. Aquascape harus terlihat indah, tetapi juga harus menyediakan ruang yang cukup bagi ikan dan tanaman untuk hidup dan berkembang.

  • Titik fokus

    Setiap aquascape harus memiliki titik fokus, yaitu bagian yang paling menarik perhatian. Titik fokus dapat berupa tanaman yang unik, batu yang indah, atau bahkan sekelompok ikan yang berwarna-warni.

  • Garis dan bentuk

    Garis dan bentuk memainkan peran penting dalam menciptakan tata letak aquascape yang menarik. Garis dapat digunakan untuk mengarahkan pandangan ke titik fokus, sedangkan bentuk dapat digunakan untuk menciptakan kedalaman dan kontras.

  • Kesederhanaan

    Kesederhanaan adalah kunci dalam menciptakan tata letak aquascape yang indah. Hindari menggunakan terlalu banyak elemen, karena akan membuat aquascape terlihat berantakan dan tidak alami.

See also  Toko Ikan Hias Manukan: Tempat Terbaik untuk Koleksi Ikan Hias

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, aquascaper dapat menciptakan tata letak aquascape yang indah dan harmonis yang dapat dinikmati selama bertahun-tahun.

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Pencahayaan yang tepat tidak hanya membuat aquascape terlihat lebih indah, tetapi juga penting untuk kesehatan ikan dan tanaman air. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan aquascape:

  • Jenis lampu

    Ada berbagai jenis lampu yang dapat digunakan untuk aquascape, seperti lampu LED, lampu neon, dan lampu MH. Setiap jenis lampu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lampu LED hemat energi dan tahan lama, lampu neon murah dan mudah didapat, sedangkan lampu MH menghasilkan cahaya yang lebih terang dan lebih alami.

  • Intensitas cahaya

    Intensitas cahaya yang dibutuhkan untuk aquascape tergantung pada jenis tanaman air yang ditanam. Tanaman air yang membutuhkan banyak cahaya harus ditempatkan di dekat sumber cahaya, sedangkan tanaman air yang membutuhkan sedikit cahaya dapat ditempatkan di tempat yang lebih teduh.

  • Durasi pencahayaan

    Durasi pencahayaan yang ideal untuk aquascape adalah sekitar 8-10 jam per hari. Pencahayaan yang terlalu lama dapat menyebabkan pertumbuhan alga, sedangkan pencahayaan yang terlalu sedikit dapat menyebabkan tanaman air layu dan mati.

  • Posisi lampu

    Posisi lampu juga penting untuk diperhatikan. Lampu harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga cahayanya merata ke seluruh bagian aquascape. Pencahayaan yang tidak merata dapat menyebabkan pertumbuhan alga di area yang gelap dan tanaman air mati di area yang terlalu terang.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, aquascaper dapat menciptakan pencahayaan yang optimal untuk aquascape mereka. Pencahayaan yang optimal akan membuat aquascape terlihat lebih indah, serta menjaga kesehatan ikan dan tanaman air.

Filtrasi

Filtrasi merupakan salah satu aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Filtrasi berfungsi untuk menjaga kualitas air dalam akuarium, sehingga ikan dan tanaman air dapat hidup dengan sehat. Filtrasi yang baik akan menghilangkan kotoran, sisa makanan, dan zat beracun dari air, sehingga air tetap jernih dan sehat.

Ada berbagai jenis filter yang dapat digunakan untuk aquascape, seperti filter mekanik, filter biologis, dan filter kimia. Filter mekanik berfungsi untuk menyaring kotoran dan sisa makanan dari air, filter biologis berfungsi untuk mengurai zat beracun menjadi zat yang tidak berbahaya, dan filter kimia berfungsi untuk menghilangkan bau dan warna dari air.

Pemilihan jenis filter harus disesuaikan dengan ukuran akuarium dan jumlah ikan dan tanaman air yang ada di dalamnya. Filter yang terlalu kecil tidak akan mampu menyaring air secara efektif, sedangkan filter yang terlalu besar dapat membuat arus air terlalu kuat sehingga mengganggu ikan dan tanaman air.

Selain memilih filter yang tepat, pemeliharaan filter juga sangat penting. Filter harus dibersihkan secara teratur agar tidak tersumbat oleh kotoran. Filter yang tersumbat akan mengurangi kemampuannya dalam menyaring air, sehingga dapat menyebabkan kualitas air menurun dan ikan serta tanaman air menjadi sakit.

Pupuk dan CO2

Pupuk dan CO2 merupakan aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Pupuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman air untuk tumbuh subur, sementara CO2 membantu tanaman air melakukan fotosintesis. Tanpa pupuk dan CO2 yang cukup, tanaman air akan tumbuh kerdil, pucat, dan mudah terserang penyakit.

  • Jenis Pupuk

    Ada berbagai jenis pupuk yang dapat digunakan untuk aquascape, seperti pupuk cair, pupuk padat, dan pupuk dasar. Pupuk cair dan padat dapat ditambahkan langsung ke dalam air akuarium, sedangkan pupuk dasar ditaburkan di dasar akuarium sebelum ditanami tanaman air.

  • Takaran Pupuk

    Takaran pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman air. Pupuk yang terlalu banyak dapat menyebabkan pertumbuhan alga, sedangkan pupuk yang terlalu sedikit dapat menyebabkan tanaman air tumbuh kerdil dan pucat.

  • Sumber CO2

    CO2 dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti tabung CO2, generator CO2, dan difuser CO2. Tabung CO2 merupakan sumber CO2 yang paling stabil dan mudah diatur, sedangkan generator CO2 dan difuser CO2 lebih murah dan mudah digunakan.

  • Konsentrasi CO2

    Konsentrasi CO2 yang ideal untuk aquascape adalah sekitar 10-30 ppm. Konsentrasi CO2 yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ikan keracunan, sedangkan konsentrasi CO2 yang terlalu rendah dapat menyebabkan tanaman air tumbuh kerdil dan pucat.

See also  Tips Merawat Ikan Hias Predator Air Tawar yang Gampang Banget!

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, aquascaper dapat menyediakan pupuk dan CO2 yang cukup untuk tanaman air mereka. Pupuk dan CO2 yang cukup akan membuat tanaman air tumbuh subur, berwarna cerah, dan sehat, sehingga aquascape terlihat lebih indah dan alami.

Perawatan rutin

Perawatan rutin merupakan aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Tanpa perawatan rutin, aquascape akan cepat rusak dan ikan serta tanaman air akan mati. Perawatan rutin meliputi beberapa kegiatan, seperti:

  • Pembersihan akuarium

    Akuarium harus dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan kotoran, sisa makanan, dan alga. Pembersihan dapat dilakukan dengan menyedot kotoran dari dasar akuarium dan membersihkan kaca akuarium dengan spons atau sikat.

  • Penggantian air

    Sebagian air akuarium harus diganti secara teratur untuk menjaga kualitas air. Penggantian air dapat dilakukan dengan menyedot sekitar 20-30% air akuarium dan menggantinya dengan air bersih.

  • Pemupukan

    Tanaman air membutuhkan pupuk untuk tumbuh subur. Pupuk dapat diberikan secara rutin sesuai dengan kebutuhan tanaman air.

  • Pengontrolan CO2

    CO2 sangat penting untuk fotosintesis tanaman air. Konsentrasi CO2 dalam akuarium harus dikontrol agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Dengan melakukan perawatan rutin, aquascaper dapat menjaga aquascape mereka tetap indah dan sehat. Perawatan rutin juga akan membantu ikan dan tanaman air hidup lebih lama dan lebih sehat.

Komposisi dan keseimbangan

Komposisi dan keseimbangan merupakan aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Komposisi mengacu pada penataan elemen-elemen dalam aquascape, seperti tanaman air, batu, kayu, dan ikan. Sedangkan keseimbangan mengacu pada harmoni antara elemen-elemen tersebut. Komposisi dan keseimbangan yang baik akan menciptakan aquascape yang indah dan alami.

Komposisi dan keseimbangan sangat penting dalam aquatrend ikan hias aquascape karena dapat memengaruhi kesehatan ikan dan tanaman air. Komposisi yang buruk dapat menyebabkan ikan stres dan tanaman air mati. Keseimbangan yang buruk dapat menyebabkan aquascape terlihat berantakan dan tidak alami. Oleh karena itu, aquascaper harus memperhatikan komposisi dan keseimbangan saat membuat aquascape.

Ada beberapa cara untuk menciptakan komposisi dan keseimbangan dalam aquascape. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan prinsip seperti aturan sepertiga dan rasio emas. Aquascaper juga dapat menggunakan teknik seperti pengelompokan, kontras, dan titik fokus. Dengan memperhatikan komposisi dan keseimbangan, aquascaper dapat menciptakan aquascape yang indah dan alami yang dapat dinikmati selama bertahun-tahun.

Tren terbaru

Tren terbaru dalam aquatrend ikan hias aquascape terus bermunculan, seiring dengan perkembangan teknologi dan kreativitas aquascaper. Tren ini tidak hanya membuat aquascape semakin indah dan alami, tetapi juga lebih mudah dibuat dan dirawat.

  • Aquascape Miniatur

    Aquascape miniatur semakin populer karena ukurannya yang kecil dan perawatannya yang mudah. Aquascape jenis ini biasanya dibuat dalam wadah berukuran kecil, seperti toples kaca atau mangkuk, dan berisi sedikit tanaman air dan ikan.

  • Aquascape Iwagumi

    Aquascape Iwagumi adalah gaya aquascape yang berasal dari Jepang. Gaya ini menekankan penggunaan batu sebagai elemen utama, dengan sedikit tanaman air dan ikan. Aquascape Iwagumi terkenal dengan keindahannya yang sederhana dan alami.

  • Aquascape Alam

    Aquascape alam berusaha meniru ekosistem alam bawah air. Gaya ini menggunakan berbagai jenis tanaman air, batu, dan kayu untuk menciptakan lingkungan yang mirip dengan habitat asli ikan dan tanaman air.

  • Aquascape Biotop

    Aquascape biotop adalah gaya aquascape yang meniru habitat spesifik ikan atau tanaman air tertentu. Gaya ini memerlukan riset yang mendalam tentang habitat asli ikan atau tanaman air yang dipilih, agar dapat menciptakan lingkungan yang optimal untuk mereka.

Tren terbaru dalam aquatrend ikan hias aquascape menunjukkan bahwa aquascaper semakin mengutamakan keindahan alami dan keberagaman hayati. Tren ini juga membuat aquascape semakin mudah diakses oleh penggemar ikan hias dari semua tingkat keahlian.

Seni dan estetika

Seni dan estetika merupakan aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape. Seni dalam aquascape mengacu pada kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan sebuah karya seni hidup di dalam akuarium, sedangkan estetika adalah keindahan yang dihasilkan dari seni tersebut.

  • Komposisi dan keseimbangan

    Komposisi yang baik akan membuat aquascape terlihat indah dan alami, sedangkan keseimbangan akan menciptakan harmoni antara elemen-elemen dalam aquascape.

  • Pemilihan tanaman air

    Pemilihan tanaman air yang tepat akan memengaruhi keindahan dan kesehatan aquascape. Tanaman air dapat digunakan untuk menciptakan titik fokus, menambahkan warna dan tekstur, serta memberikan kesan kedalaman.

  • Penataan hardscape

    Hardscape adalah elemen-elemen keras dalam aquascape, seperti batu, kayu, dan pasir. Penataan hardscape yang baik akan menciptakan struktur dan kedalaman pada aquascape.

  • Pencahayaan

    Pencahayaan yang tepat tidak hanya membuat aquascape terlihat lebih indah, tetapi juga penting untuk kesehatan tanaman air. Pencahayaan yang baik akan membantu tanaman air melakukan fotosintesis dan tumbuh subur.

Seni dan estetika dalam aquatrend ikan hias aquascape sangat penting karena dapat menciptakan sebuah karya seni hidup yang indah dan alami. Seni dan estetika juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi mereka yang melihatnya.

See also  Panduan Kriteria Ikan Hias Berkualitas untuk Eksportir Handal

Pertanyaan Umum tentang Aquatrend Ikan Hias Aquascape

Bagian ini berisi pertanyaan umum dan jawabannya tentang aquatrend ikan hias aquascape. Pertanyaan-pertanyaan ini mengantisipasi pertanyaan yang mungkin dimiliki pembaca atau mengklarifikasi aspek-aspek tertentu dari aquascape.

Pertanyaan 1: Apa itu aquascape?

Jawaban: Aquascape adalah seni menata tanaman air, ikan, dan elemen hardscape (batu, kayu, dll.) dalam sebuah akuarium untuk menciptakan lingkungan bawah air yang indah dan alami.

Pertanyaan 2: Apa manfaat aquascape?

Jawaban: Aquascape memiliki banyak manfaat, antara lain mengurangi stres, memberikan rasa tenang, meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dan memperindah ruangan.

Pertanyaan 3: Apa saja aspek penting dalam membuat aquascape?

Jawaban: Aspek penting dalam membuat aquascape meliputi pemilihan ikan dan tanaman air, tata letak, pencahayaan, filtrasi, pemupukan, perawatan rutin, komposisi, dan keseimbangan.

Pertanyaan 4: Apa saja tren terbaru dalam aquascape?

Jawaban: Tren terbaru dalam aquascape meliputi aquascape mini, aquascape Iwagumi, aquascape alam, dan aquascape biotop.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara memulai aquascape?

Jawaban: Untuk memulai aquascape, Anda perlu menyiapkan akuarium, memilih ikan dan tanaman air, mengatur tata letak, dan menyediakan pencahayaan, filtrasi, dan pemupukan yang tepat.

Pertanyaan 6: Apa saja tips untuk membuat aquascape yang indah?

Jawaban: Tips untuk membuat aquascape yang indah meliputi memperhatikan komposisi dan keseimbangan, memilih tanaman air yang sesuai, menata hardscape dengan baik, dan menyediakan pencahayaan yang optimal.

Pertanyaan-pertanyaan umum ini memberikan gambaran umum tentang aquatrend ikan hias aquascape, meliputi konsep dasarnya, manfaatnya, aspek-aspek pentingnya, tren terbarunya, dan cara memulainya. Untuk informasi lebih rinci, silakan lanjutkan membaca artikel ini.

Bagian selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang teknik-teknik membuat aquascape, pilihan tanaman dan ikan yang cocok, serta tips perawatan rutin untuk menjaga keindahan dan kesehatan aquascape.

Tips Aquascape Ikan Hias

Tips berikut ini akan membantu Anda membuat dan memelihara aquascape ikan hias yang indah dan sehat:

Tips 1: Perhatikan komposisi dan keseimbangan

Komposisi yang baik membuat aquascape terlihat indah dan alami, sedangkan keseimbangan menciptakan harmoni antar elemen dalam aquascape.

Tips 2: Pilih tanaman air yang tepat

Pemilihan tanaman air yang tepat menentukan keindahan dan kesehatan aquascape. Tanaman air dapat digunakan untuk menciptakan titik fokus, menambah warna dan tekstur, serta memberikan kesan kedalaman.

Tips 3: Tata hardscape dengan baik

Hardscape adalah elemen keras dalam aquascape, seperti batu, kayu, dan pasir. Penataan hardscape yang baik menciptakan struktur dan kedalaman pada aquascape.

Tips 4: Berikan pencahayaan yang optimal

Pencahayaan yang tepat tidak hanya membuat aquascape terlihat lebih indah, tetapi juga penting untuk kesehatan tanaman air. Pencahayaan yang baik akan membantu tanaman air melakukan fotosintesis dan tumbuh subur.

Tips 5: Lakukan perawatan rutin

Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga keindahan dan kesehatan aquascape. Perawatan rutin meliputi pembersihan akuarium, penggantian air, pemupukan, dan pengendalian CO2.

Tips 6: Perhatikan detail

Perhatikan detail kecil dalam aquascape, seperti penempatan batu, arah pertumbuhan tanaman air, dan kebersihan kaca akuarium. Detail-detail kecil ini dapat membuat perbedaan besar pada keindahan aquascape.

Tips 7: Belajar dari aquascaper lain

Belajarlah dari aquascaper lain dengan membaca buku, majalah, atau mengikuti forum online. Berbagi pengetahuan dan pengalaman dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan aquascape.

Tips 8: Bersabar

Aquascape yang indah tidak dapat dibuat dalam semalam. Dibutuhkan waktu, kesabaran, dan perawatan yang konsisten untuk menciptakan aquascape yang benar-benar menakjubkan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat membuat dan memelihara aquascape ikan hias yang indah dan sehat yang dapat dinikmati selama bertahun-tahun.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang bagaimana menciptakan aquascape yang unik dan personal, yang mencerminkan gaya dan preferensi Anda.

Kesimpulan

Aquatrend ikan hias aquascape tidak hanya sekadar hobi, tetapi juga seni dan ilmu yang kompleks. Tren ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap keindahan bawah laut dan kesadaran akan pentingnya ekosistem akuatik.

Artikel ini telah mengulas berbagai aspek penting dalam aquatrend ikan hias aquascape, mulai dari pemilihan ikan dan tanaman air, tata letak, pencahayaan, filtrasi, pemupukan, perawatan rutin, komposisi, keseimbangan, tren terbaru, seni, dan estetika. Setiap aspek saling terkait dan memengaruhi keindahan serta kesehatan aquascape.

Selain itu, artikel ini juga memberikan tips praktis untuk membuat dan memelihara aquascape ikan hias yang indah dan sehat. Dengan mengikuti tips tersebut, siapa pun dapat menciptakan lingkungan bawah laut yang menakjubkan di dalam rumah mereka sendiri.

Aquatrend ikan hias aquascape merupakan tren yang terus berkembang, menawarkan potensi tak terbatas untuk kreativitas dan inovasi. Ini adalah kesempatan bagi para pecinta ikan hias dan pecinta alam untuk mengekspresikan diri mereka melalui seni yang hidup dan dinamis.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *