Panduan Lengkap Budidaya Ikan Hias Koi untuk Pemula

Budidaya ikan hias koi merupakan usaha pembesaran dan pemeliharaan ikan koi untuk tujuan estetika dan komersial. Ikan koi adalah ikan air tawar yang memiliki keindahan warna dan corak yang menarik.

Budidaya ikan hias koi memiliki banyak manfaat. Selain sebagai hobi, budidaya ikan hias koi juga dapat menjadi sumber penghasilan. Ikan koi dengan kualitas baik dapat dijual dengan harga yang tinggi. Budidaya ikan hias koi juga dianggap ramah lingkungan karena tidak merusak alam.

Budidaya ikan hias koi berawal dari Jepang pada abad ke-19. Pada awalnya, ikan koi hanya dipelihara oleh kalangan bangsawan. Namun, seiring berjalannya waktu, ikan koi mulai dibudidayakan secara luas dan menjadi populer di seluruh dunia. Kini, budidaya ikan hias koi menjadi salah satu bidang yang menjanjikan di industri perikanan.

Budidaya Ikan Hias Koi

Budidaya ikan hias koi merupakan kegiatan yang memiliki banyak aspek penting yang perlu diperhatikan. Aspek-aspek tersebut meliputi aspek teknis, ekonomi, dan sosial.

  • Pemilihan Induk
  • Pembenihan
  • Pembesaran
  • Pakan
  • Kualitas Air
  • Penyakit
  • Pemasaran
  • Keuangan
  • Lingkungan
  • Budaya

Pemilihan induk yang baik akan menghasilkan keturunan yang berkualitas. Pembenihan yang tepat akan menghasilkan benih yang sehat dan kuat. Pembesaran yang optimal akan menghasilkan ikan koi yang tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang indah. Pakan yang berkualitas akan menjaga kesehatan dan pertumbuhan ikan koi. Kualitas air yang baik akan mencegah ikan koi dari penyakit. Pengendalian penyakit sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ikan koi. Pemasaran yang efektif akan menghasilkan harga jual yang baik. Manajemen keuangan yang baik akan menjamin keberlangsungan usaha budidaya ikan hias koi. Aspek lingkungan harus diperhatikan untuk menjaga kelestarian alam. Aspek budaya dapat mempengaruhi permintaan dan harga ikan koi.

Pemilihan Induk

Pemilihan induk merupakan salah satu aspek terpenting dalam budidaya ikan hias koi. Induk yang baik akan menghasilkan keturunan yang berkualitas, sehingga berpengaruh besar pada keberhasilan budidaya ikan hias koi.

Induk yang baik harus memiliki ciri-ciri tertentu, seperti warna yang cerah dan corak yang jelas, tubuh yang sehat dan tidak cacat, serta memiliki riwayat genetik yang baik. Induk yang dipilih juga harus sesuai dengan tujuan budidaya, apakah untuk menghasilkan ikan koi untuk kontes atau untuk konsumsi.

Pemilihan induk yang tepat dapat meningkatkan produktivitas budidaya ikan hias koi. Induk yang berkualitas akan menghasilkan benih yang sehat dan kuat, sehingga tingkat kematian benih dapat ditekan. Selain itu, induk yang baik juga akan menghasilkan ikan koi yang tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang indah, sehingga nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, pemilihan induk merupakan aspek yang sangat penting dalam budidaya ikan hias koi. Dengan memilih induk yang tepat, pembudidaya dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas ikan koi yang dihasilkan, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dari usaha budidaya ikan hias koi.

Pembenihan

Pembenihan merupakan salah satu aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan koi yang sehat dan berkualitas, yang akan menjadi dasar bagi keberhasilan budidaya ikan hias koi.

  • Proses Pemijahan

    Proses pemijahan adalah proses perkawinan antara induk jantan dan induk betina ikan koi. Proses ini dilakukan dengan cara menyuntikkan hormon perangsang pemijahan pada induk ikan koi yang sudah siap.

  • Penetasan Telur

    Setelah induk ikan koi memijah, telur-telur yang dihasilkan akan ditetaskan dalam wadah khusus yang disebut inkubator. Telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu sekitar 3-5 hari.

  • Pemeliharaan Larva

    Larva ikan koi yang baru menetas masih sangat rentan dan membutuhkan perawatan khusus. Larva ikan koi harus diberi pakan khusus yang sesuai dengan ukuran mulutnya, dan air tempat pemeliharaan harus selalu dijaga kebersihannya.

  • Pembesaran Benih

    Setelah larva ikan koi tumbuh menjadi benih, benih-benih tersebut harus dipindahkan ke wadah yang lebih besar. Benih ikan koi harus diberi pakan yang lebih besar dan air tempat pemeliharaan harus tetap dijaga kebersihannya.

Proses pembenihan yang baik akan menghasilkan benih ikan koi yang sehat dan berkualitas, yang akan menjadi dasar bagi keberhasilan budidaya ikan hias koi. Benih ikan koi yang sehat dan berkualitas akan tumbuh menjadi ikan koi yang sehat dan memiliki warna yang indah, sehingga nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

Pembesaran

Pembesaran merupakan salah satu aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan koi yang sehat, memiliki warna yang indah, dan berukuran sesuai dengan permintaan pasar.

Proses pembesaran ikan koi dilakukan dengan cara memelihara ikan koi dalam wadah yang cukup besar, seperti kolam atau bak. Ikan koi diberi pakan yang berkualitas dan air tempat pemeliharaan harus selalu dijaga kebersihannya. Selama proses pembesaran, ikan koi harus dipantau secara teratur untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatannya.

See also  Panduan Lengkap Membuat Kolam Ikan Hias Minimalis yang Cantik dan Menenangkan

Pembesaran yang baik akan menghasilkan ikan koi yang sehat dan memiliki warna yang indah. Ikan koi yang sehat akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit, sehingga tingkat kematian ikan koi dapat ditekan. Selain itu, ikan koi yang memiliki warna yang indah akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pembesaran merupakan aspek yang sangat penting dalam budidaya ikan hias koi. Dengan melakukan pembesaran yang baik, pembudidaya dapat menghasilkan ikan koi yang sehat, memiliki warna yang indah, dan berukuran sesuai dengan permintaan pasar, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dari usaha budidaya ikan hias koi.

Pakan

Pakan merupakan salah satu aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Pakan yang berkualitas akan menjaga kesehatan dan pertumbuhan ikan koi, sehingga ikan koi dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang indah. Pemberian pakan yang tepat juga dapat mencegah ikan koi dari penyakit.

  • Jenis Pakan

    Jenis pakan yang diberikan pada ikan koi sangat beragam, antara lain pelet, cacing, dan kutu air. Pemilihan jenis pakan harus disesuaikan dengan umur dan ukuran ikan koi.

  • Kualitas Pakan

    Kualitas pakan juga sangat penting. Pakan yang berkualitas baik akan mengandung nutrisi yang lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi. Pakan yang berkualitas buruk dapat menyebabkan ikan koi sakit atau tumbuh lambat.

  • Waktu Pemberian Pakan

    Waktu pemberian pakan juga harus diperhatikan. Ikan koi biasanya diberi pakan 2-3 kali sehari. Pemberian pakan yang terlalu sering atau terlalu jarang dapat menyebabkan ikan koi sakit.

  • Jumlah Pakan

    Jumlah pakan yang diberikan juga harus diperhatikan. Pemberian pakan yang terlalu banyak dapat menyebabkan ikan koi kekenyangan dan sakit, sedangkan pemberian pakan yang terlalu sedikit dapat menyebabkan ikan koi kekurangan nutrisi.

Pemberian pakan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan ikan koi. Pemberian pakan yang salah dapat menyebabkan ikan koi sakit atau tumbuh lambat, sehingga dapat merugikan pembudidaya ikan hias koi. Oleh karena itu, pembudidaya ikan hias koi harus memperhatikan jenis pakan, kualitas pakan, waktu pemberian pakan, dan jumlah pakan yang diberikan.

Kualitas Air

Kualitas air sangat penting dalam budidaya ikan hias koi. Air yang berkualitas baik akan menjaga kesehatan dan pertumbuhan ikan koi, sehingga ikan koi dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang indah. Sebaliknya, air yang berkualitas buruk dapat menyebabkan ikan koi sakit atau bahkan mati.

  • Suhu Air

    Suhu air yang optimal untuk ikan koi adalah antara 20-28 derajat Celcius. Suhu air yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ikan koi stres dan sakit.

  • pH Air

    pH air yang optimal untuk ikan koi adalah antara 7-8. pH air yang terlalu asam atau terlalu basa dapat menyebabkan ikan koi sakit atau bahkan mati.

  • Kadar Oksigen Terlarut

    Kadar oksigen terlarut dalam air harus cukup untuk memenuhi kebutuhan ikan koi. Kadar oksigen terlarut yang terlalu rendah dapat menyebabkan ikan koi sesak napas dan mati.

  • Kejernihan Air

    Air tempat memelihara ikan koi harus jernih. Air yang keruh dapat menyebabkan ikan koi sulit melihat dan mencari makan.

Dengan menjaga kualitas air yang baik, pembudidaya ikan hias koi dapat mencegah ikan koi dari penyakit dan kematian. Selain itu, kualitas air yang baik juga akan membuat ikan koi tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang indah, sehingga nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

Penyakit

Penyakit menjadi salah satu permasalahan utama dalam budidaya ikan hias koi. Berbagai jenis penyakit dapat menyerang ikan koi, menyebabkan kerugian yang besar bagi pembudidaya. Penyakit pada ikan koi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit.

Salah satu penyakit yang sering menyerang ikan koi adalah infeksi bakteri. Bakteri dapat masuk ke dalam tubuh ikan melalui luka atau melalui air yang tercemar. Infeksi bakteri dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti borok pada kulit, perut kembung, dan mata yang menonjol. Jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi bakteri dapat menyebabkan kematian ikan koi.

Selain infeksi bakteri, penyakit yang sering menyerang ikan koi adalah infeksi virus. Virus dapat masuk ke dalam tubuh ikan melalui air atau melalui kontak dengan ikan yang terinfeksi. Infeksi virus dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti perubahan warna kulit, nafsu makan menurun, dan kesulitan bernapas. Sebagian besar infeksi virus tidak dapat disembuhkan, sehingga pencegahan menjadi sangat penting.

Pengendalian penyakit pada ikan koi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ikan koi. Pembudidaya ikan koi dapat melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan penyakit, seperti menjaga kualitas air, pemberian pakan yang berkualitas, dan melakukan vaksinasi. Dengan melakukan pengendalian penyakit yang tepat, pembudidaya ikan koi dapat meminimalisir kerugian akibat penyakit dan meningkatkan produktivitas budidaya ikan hias koi.

See also  Panduan Lengkap Merawat Ikan Hias Koi untuk Pemula

Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan dan menjual ikan koi yang dihasilkan kepada konsumen, sehingga pembudidaya ikan koi dapat memperoleh keuntungan dari usaha budidayanya.

Tanpa pemasaran yang baik, ikan koi yang dihasilkan oleh pembudidaya akan sulit dikenal oleh konsumen. Akibatnya, pembudidaya akan kesulitan menjual ikan koinya dan memperoleh keuntungan. Sebaliknya, dengan pemasaran yang baik, pembudidaya ikan koi dapat memperluas jangkauan pasarnya, sehingga ikan koinya dapat dikenal oleh lebih banyak konsumen. Hal ini akan meningkatkan penjualan ikan koi dan keuntungan yang diperoleh oleh pembudidaya.

Oleh karena itu, pemasaran merupakan komponen penting dalam budidaya ikan hias koi. Dengan melakukan pemasaran yang baik, pembudidaya ikan koi dapat meningkatkan penjualan ikan koinya dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Terdapat berbagai strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pembudidaya ikan koi, seperti pemasaran online, pemasaran melalui media sosial, dan pemasaran melalui pameran ikan hias. Pembudidaya ikan koi dapat memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar dan kondisi usaha budidayanya.

Keuangan

Keuangan merupakan aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Manajemen keuangan yang baik akan menjamin keberlangsungan usaha budidaya ikan hias koi.

  • Modal Usaha

    Modal usaha merupakan dana yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha budidaya ikan hias koi. Modal usaha dapat digunakan untuk membeli lahan, membangun kolam, membeli bibit ikan koi, dan membeli pakan.

  • Biaya Operasional

    Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha budidaya ikan hias koi sehari-hari. Biaya operasional meliputi biaya pakan, biaya listrik, biaya tenaga kerja, dan biaya perawatan kolam.

  • Pendapatan

    Pendapatan adalah hasil penjualan ikan hias koi. Pendapatan dapat dihitung dengan mengalikan jumlah ikan koi yang terjual dengan harga jual per ekor ikan koi.

  • Keuntungan

    Keuntungan adalah selisih antara pendapatan dan biaya operasional. Keuntungan dapat digunakan untuk pengembangan usaha budidaya ikan hias koi atau untuk keperluan pribadi.

Manajemen keuangan yang baik sangat penting untuk keberlangsungan usaha budidaya ikan hias koi. Dengan manajemen keuangan yang baik, pembudidaya ikan hias koi dapat mengontrol biaya operasional, meningkatkan pendapatan, dan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan hias koi. Lingkungan yang baik akan mendukung pertumbuhan dan kesehatan ikan koi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan budidaya ikan hias koi.

  • Sumber Air

    Sumber air yang digunakan untuk budidaya ikan hias koi harus memiliki kualitas yang baik. Air harus jernih, tidak tercemar, dan memiliki kadar oksigen terlarut yang cukup. Sumber air yang buruk dapat menyebabkan ikan koi sakit atau bahkan mati.

  • Kualitas Udara

    Kualitas udara di sekitar kolam ikan koi juga harus baik. Udara harus bersih dan tidak tercemar. Udara yang tercemar dapat menyebabkan ikan koi stres dan sakit.

  • Pengelolaan Limbah

    Limbah yang dihasilkan dari budidaya ikan hias koi harus dikelola dengan baik. Limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan ikan koi sakit. Pengelolaan limbah yang baik dapat dilakukan dengan cara membuat biofilter atau menggunakan kolam pengendapan.

  • Penggunaan Bahan Kimia

    Penggunaan bahan kimia dalam budidaya ikan hias koi harus dilakukan dengan hati-hati. Bahan kimia yang digunakan untuk mengobati penyakit atau untuk menjaga kualitas air harus digunakan sesuai dengan dosis dan petunjuk penggunaan. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan dapat menyebabkan ikan koi sakit atau bahkan mati.

Dengan memperhatikan aspek lingkungan dalam budidaya ikan hias koi, pembudidaya dapat menciptakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan koi. Lingkungan yang baik akan meningkatkan produktivitas dan keuntungan budidaya ikan hias koi, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Budaya

Budaya merupakan salah satu aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Budaya dalam budidaya ikan hias koi meliputi nilai-nilai, tradisi, dan praktik yang dianut oleh pembudidaya ikan hias koi. Budaya ini mempengaruhi cara pembudidaya ikan hias koi dalam memelihara ikan koi, sehingga dapat menghasilkan ikan koi yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.

  • Tradisi

    Tradisi dalam budidaya ikan hias koi meliputi cara-cara pemeliharaan ikan koi yang telah diwariskan turun-temurun. Tradisi ini dianut oleh pembudidaya ikan hias koi karena dianggap membawa keberuntungan dan menghasilkan ikan koi yang berkualitas.

  • Nilai Estetika

    Nilai estetika dalam budidaya ikan hias koi meliputi keindahan bentuk, warna, dan corak ikan koi. Pembudidaya ikan hias koi berusaha menghasilkan ikan koi yang memiliki nilai estetika tinggi, sehingga dapat dijual dengan harga yang mahal.

  • Simbol Status

    Ikan koi sering dianggap sebagai simbol status di beberapa negara. Pemilik ikan koi biasanya adalah orang-orang yang memiliki kedudukan sosial dan ekonomi yang tinggi. Hal ini membuat budidaya ikan hias koi menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

  • Pariwisata

    Budidaya ikan hias koi juga dapat menjadi daya tarik wisata. Pembudidaya ikan hias koi dapat membuka kolam ikannya untuk dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat melihat dan belajar tentang budidaya ikan hias koi, serta membeli ikan koi yang berkualitas.

See also  Tips Merawat Ikan Hias Air Tawar Predator Bagi Pemula

Budaya dalam budidaya ikan hias koi sangat beragam dan unik. Budaya ini dianut oleh pembudidaya ikan hias koi karena dianggap membawa keberuntungan, menghasilkan ikan koi yang berkualitas, dan meningkatkan nilai jual ikan koi. Budaya ini juga dapat menjadi daya tarik wisata dan meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan hias koi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Budidaya Ikan Hias Koi

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan umum dan memberikan klarifikasi tentang budidaya ikan hias koi. FAQ ini mencakup berbagai topik, mulai dari pemilihan induk hingga pemasaran ikan koi.

Pertanyaan 1: Apa saja faktor penting dalam pemilihan induk ikan koi?

Faktor penting dalam pemilihan induk ikan koi meliputi warna, corak, bentuk tubuh, kesehatan, dan riwayat genetik. Induk yang baik akan menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara melakukan pemijahan ikan koi?

Pemijahan ikan koi dilakukan dengan menyuntikkan hormon perangsang pemijahan pada induk ikan koi yang sudah siap. Telur-telur yang dihasilkan kemudian ditetaskan dalam inkubator.

Pertanyaan 3: Apa saja jenis pakan yang cocok untuk ikan koi?

Jenis pakan yang cocok untuk ikan koi meliputi pelet, cacing, dan kutu air. Pemilihan jenis pakan harus disesuaikan dengan umur dan ukuran ikan koi.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menjaga kualitas air untuk ikan koi?

Kualitas air untuk ikan koi harus dijaga dengan mengatur suhu, pH, kadar oksigen terlarut, dan kejernihan air. Air yang berkualitas baik akan menjaga kesehatan dan pertumbuhan ikan koi.

Pertanyaan 5: Apa saja penyakit yang dapat menyerang ikan koi?

Penyakit yang dapat menyerang ikan koi antara lain infeksi bakteri, infeksi virus, infeksi jamur, dan serangan parasit. Pengendalian penyakit sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ikan koi.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memasarkan ikan koi?

Pemasaran ikan koi dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti pemasaran online, pemasaran melalui media sosial, dan pemasaran melalui pameran ikan hias. Pembudidaya ikan koi dapat memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar dan kondisi usaha budidayanya.

Pertanyaan yang sering diajukan ini memberikan gambaran umum tentang aspek-aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Dengan memahami informasi yang disajikan dalam FAQ ini, pembudidaya ikan koi dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan usaha budidaya ikan hias koi yang sukses.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang teknik-teknik budidaya ikan hias koi, mulai dari persiapan kolam hingga pemanenan ikan koi.

Tips Budidaya Ikan Hias Koi

Tips-tips berikut ini akan membantu Anda dalam membudidayakan ikan hias koi yang sehat dan berkualitas.

Tip 1: Pilih Induk yang Berkualitas

Induk yang berkualitas akan menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Pilihlah induk yang memiliki warna, corak, bentuk tubuh, dan kesehatan yang baik.

Tip 2: Siapkan Kolam yang Tepat

Kolam untuk budidaya ikan hias koi harus memiliki ukuran yang cukup, kedalaman yang sesuai, dan sistem aerasi yang baik. Kolam juga harus bebas dari bahan kimia berbahaya.

Tip 3: Berikan Pakan yang Berkualitas

Pakan yang berkualitas akan membantu ikan koi tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang cerah. Pilihlah pakan yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan nutrisi ikan koi.

Tip 4: Jaga Kualitas Air

Kualitas air sangat penting untuk kesehatan ikan koi. Jaga suhu, pH, dan kadar oksigen terlarut dalam air agar sesuai dengan kebutuhan ikan koi.

Tip 5: Cegah dan Tangani Penyakit

Penyakit dapat menyebabkan kerugian besar dalam budidaya ikan hias koi. Lakukan pencegahan dan penanganan penyakit secara tepat untuk menjaga kesehatan ikan koi.

Tip 6: Lakukan Panen yang Tepat

Waktu dan cara panen yang tepat akan mempengaruhi kualitas dan harga ikan koi. Panen ikan koi ketika sudah mencapai ukuran dan warna yang diinginkan.

Tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam membudidayakan ikan hias koi yang sehat, berkualitas, dan bernilai jual tinggi. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat meningkatkan keberhasilan usaha budidaya ikan hias koi Anda.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang teknik-teknik pemasaran ikan hias koi agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Kesimpulan

Budidaya ikan hias koi merupakan usaha yang menjanjikan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Untuk memperoleh keberhasilan dalam budidaya ikan hias koi, diperlukan pemahaman dan pengelolaan yang tepat dalam berbagai aspek, seperti pemilihan induk, persiapan kolam, pemberian pakan, pengelolaan kualitas air, pencegahan dan penanganan penyakit, serta teknik pemasaran.

Artikel ini telah membahas beberapa aspek penting dalam budidaya ikan hias koi. Memahami dan menerapkan aspek-aspek tersebut akan membantu pembudidaya dalam menghasilkan ikan hias koi yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Selain itu, budidaya ikan hias koi juga dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *