Rahasia Sukses Ternak Kerbau Modern: Panduan Lengkap!

Ternak kerbau modern adalah sebuah teknik pemeliharaan kerbau yang menggunakan metode-metode modern untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerbau. Contohnya adalah penggunaan teknologi reproduksi buatan untuk inseminasi buatan.

Ternak kerbau modern memiliki banyak manfaat, antara lain: peningkatan produksi susu dan daging, peningkatan kualitas genetik kerbau, serta pengurangan biaya pemeliharaan. Salah satu perkembangan sejarah penting dalam ternak kerbau modern adalah pengembangan teknik transfer embrio, yang memungkinkan produksi kerbau dengan kualitas genetik yang unggul secara massal.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang teknik-teknik ternak kerbau modern, manfaatnya, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya.

Ternak Kerbau Modern

Ternak kerbau modern merupakan teknik pemeliharaan kerbau yang menggunakan metode-metode modern untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerbau. Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam ternak kerbau modern antara lain:

  • Inseminasi buatan
  • Transfer embrio
  • Seleksi genetik
  • Manajemen pakan
  • Manajemen kesehatan
  • Kesejahteraan hewan
  • Pengelolaan limbah
  • Asuransi ternak
  • Pemasaran produk
  • Pengembangan teknologi

Aspek-aspek ini saling terkait dan sangat penting untuk keberhasilan ternak kerbau modern. Inseminasi buatan dan transfer embrio dapat meningkatkan kualitas genetik kerbau, sehingga menghasilkan kerbau yang lebih produktif dan berkualitas tinggi. Seleksi genetik memastikan bahwa hanya kerbau dengan sifat unggul yang diternakkan, sehingga meningkatkan populasi kerbau secara keseluruhan. Manajemen pakan dan kesehatan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kerbau, sehingga dapat berproduksi secara optimal. Pengelolaan limbah dan asuransi ternak dapat mengurangi risiko finansial bagi peternak. Pemasaran produk dan pengembangan teknologi dapat meningkatkan nilai tambah produk kerbau dan meningkatkan efisiensi produksi.

Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Teknik ini digunakan untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau dengan cara memasukkan sperma berkualitas tinggi dari pejantan unggul ke dalam saluran reproduksi betina secara buatan.

Inseminasi buatan memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas genetik kerbau
  • Meningkatkan produksi susu dan daging
  • Mengurangi biaya pemeliharaan
  • Mencegah perkawinan sedarah
  • Mengendalikan penyebaran penyakit

Inseminasi buatan dilakukan dengan cara menyuntikkan sperma yang telah dicairkan ke dalam saluran reproduksi betina menggunakan alat khusus. Teknik ini membutuhkan keahlian khusus dan harus dilakukan oleh petugas inseminator yang terlatih.

Di Indonesia, inseminasi buatan pada kerbau sudah banyak dilakukan oleh peternak. Pemerintah juga memberikan dukungan melalui program inseminasi buatan massal untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau lokal.

Transfer Embrio

Transfer embrio merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam ternak kerbau modern untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau. Teknik ini dilakukan dengan cara mengambil embrio dari kerbau betina donor yang memiliki kualitas genetik unggul, kemudian menanamkan embrio tersebut ke dalam rahim kerbau betina penerima yang telah disiapkan.

Transfer embrio memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas genetik kerbau
  • Mempercepat peningkatan populasi kerbau unggul
  • Mengendalikan penyebaran penyakit

Transfer embrio dilakukan dengan cara mengambil embrio dari kerbau betina donor menggunakan teknik pembilasan embrio. Embrio yang diperoleh kemudian disimpan dalam nitrogen cair atau ditanamkan langsung ke dalam rahim kerbau betina penerima. Teknik ini membutuhkan keahlian khusus dan harus dilakukan oleh petugas yang terlatih.

Di Indonesia, transfer embrio pada kerbau sudah banyak dilakukan oleh peternak. Pemerintah juga memberikan dukungan melalui program transfer embrio massal untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau lokal. Transfer embrio merupakan salah satu komponen penting dalam ternak kerbau modern karena dapat meningkatkan kualitas genetik kerbau secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Seleksi Genetik

Seleksi genetik merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Teknik ini dilakukan untuk memilih dan mengawinkan kerbau yang memiliki sifat genetik unggul, sehingga menghasilkan keturunan yang lebih produktif dan berkualitas tinggi.

  • Performa Produksi

    Seleksi genetik dilakukan berdasarkan catatan performa produksi kerbau, seperti produksi susu, pertumbuhan badan, dan konversi pakan. Kerbau yang memiliki performa produksi tinggi dipilih untuk dijadikan bibit.

  • Kualitas Genetik

    Seleksi genetik juga dilakukan berdasarkan kualitas genetik kerbau, seperti ketahanan terhadap penyakit, kesuburan, dan sifat-sifat unggul lainnya. Kerbau yang memiliki kualitas genetik tinggi dipilih untuk dijadikan bibit.

  • Silsilah

    Silsilah atau asal-usul kerbau juga menjadi pertimbangan dalam seleksi genetik. Kerbau yang berasal dari garis keturunan unggul lebih berpotensi menghasilkan keturunan yang berkualitas tinggi.

  • Uji Performans

    Uji performans dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan genetik kerbau secara lebih akurat. Kerbau yang diuji performansnya akan dipelihara dalam kondisi yang terkontrol dan diukur performans produksinya.

See also  Panduan Lengkap Ide Bisnis Ternak Sapi yang Menguntungkan

Seleksi genetik sangat penting dalam ternak kerbau modern karena dapat meningkatkan kualitas genetik kerbau secara berkelanjutan. Kerbau yang dihasilkan dari seleksi genetik akan memiliki potensi produksi yang lebih tinggi, kualitas daging dan susu yang lebih baik, serta ketahanan terhadap penyakit yang lebih kuat. Dengan demikian, seleksi genetik dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas peternakan kerbau.

Manajemen Pakan

Manajemen pakan merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Pakan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi kerbau sangat penting untuk menjaga kesehatan, produktivitas, dan efisiensi produksi. Manajemen pakan yang baik dapat meningkatkan produksi susu dan daging, mengurangi biaya pakan, serta meningkatkan kesejahteraan kerbau.

Kandungan nutrisi pakan yang dibutuhkan kerbau bervariasi tergantung pada umur, berat badan, kondisi fisiologis, dan tingkat produksi. Kerbau membutuhkan pakan yang mengandung energi, protein, mineral, dan vitamin yang cukup. Pakan hijauan, seperti rumput dan leguminosa, merupakan sumber serat dan protein yang baik untuk kerbau. Pakan konsentrat, seperti dedak padi, jagung giling, dan bungkil kedelai, merupakan sumber energi dan protein yang lebih tinggi. Selain itu, kerbau juga membutuhkan mineral, seperti kalsium, fosfor, dan garam, serta vitamin, seperti vitamin A, D, dan E.

Manajemen pakan yang baik meliputi beberapa aspek, antara lain: pemilihan pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kerbau, penyediaan pakan yang cukup dan berkualitas, serta pemberian pakan secara teratur. Peternak dapat berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau petugas penyuluh lapangan untuk mendapatkan rekomendasi mengenai manajemen pakan yang tepat untuk kerbau.

Dengan menerapkan manajemen pakan yang baik, peternak dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas peternakan kerbau. Kerbau yang mendapatkan pakan yang cukup dan berkualitas akan sehat, produktif, dan memiliki umur produktif yang lebih panjang.

Manajemen Kesehatan

Manajemen kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Kesehatan kerbau yang baik sangat penting untuk menjaga produktivitas, mencegah kerugian ekonomi akibat penyakit, dan menjamin keamanan pangan produk kerbau.

Manajemen kesehatan dalam ternak kerbau modern meliputi beberapa aspek, antara lain: pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pengendalian reproduksi. Pencegahan penyakit dilakukan dengan cara vaksinasi, pemberian obat cacing, dan menjaga kebersihan kandang. Pengobatan penyakit dilakukan dengan cara pemberian obat-obatan dan perawatan yang sesuai. Pengendalian reproduksi dilakukan dengan cara inseminasi buatan, transfer embrio, dan rekayasa genetika.

Manajemen kesehatan yang baik sangat penting untuk keberhasilan ternak kerbau modern. Kerbau yang sehat akan lebih produktif, memiliki umur produktif yang lebih panjang, dan menghasilkan produk yang berkualitas baik. Selain itu, manajemen kesehatan yang baik juga dapat mencegah kerugian ekonomi akibat penyakit dan menjamin keamanan pangan produk kerbau.

Kesejahteraan Hewan

Kesejahteraan hewan merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Kesejahteraan hewan mengacu pada kondisi fisik dan mental hewan yang meliputi kesehatan, kenyamanan, nutrisi, perilaku, dan perlindungan dari rasa sakit, penderitaan, cedera, dan penyakit.

Dalam ternak kerbau modern, kesejahteraan hewan sangat penting untuk memastikan produktivitas dan kualitas produk kerbau. Kerbau yang sejahtera akan lebih sehat, produktif, dan menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Selain itu, kesejahteraan hewan juga merupakan persyaratan etis dan hukum dalam peternakan modern.

Ada beberapa prinsip utama dalam kesejahteraan hewan, yaitu:

  • Hewan harus bebas dari rasa lapar dan haus.
  • Hewan harus bebas dari rasa tidak nyaman.
  • Hewan harus bebas dari rasa sakit, cedera, dan penyakit.
  • Hewan harus bebas untuk mengekspresikan perilaku alaminya.
  • Hewan harus bebas dari rasa takut dan tertekan.

Dalam ternak kerbau modern, prinsip-prinsip kesejahteraan hewan diterapkan dalam berbagai aspek, seperti penyediaan pakan dan air yang cukup dan berkualitas, penyediaan kandang yang nyaman dan bersih, pencegahan dan pengobatan penyakit, serta penanganan hewan yang baik.

Pengelolaan Limbah

Pengelolaan limbah merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Limbah yang dihasilkan oleh kerbau dapat menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan jika tidak dikelola dengan baik. Pengelolaan limbah yang efektif dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan, serta meningkatkan efisiensi produksi.

  • Pengumpulan Limbah

    Pengumpulan limbah merupakan langkah pertama dalam pengelolaan limbah. Limbah kerbau dapat dikumpulkan menggunakan berbagai metode, seperti penggunaan kandang tertutup, saluran pembuangan, atau sistem pengumpulan otomatis.

  • Pengolahan Limbah

    Limbah kerbau dapat diolah menggunakan berbagai metode, seperti pengomposan, biogasifikasi, atau pengolahan secara mekanis. Pengolahan limbah dapat mengurangi volume limbah, menghilangkan bau, dan menghasilkan produk sampingan yang bermanfaat, seperti pupuk atau energi.

  • Pemanfaatan Limbah

    Limbah kerbau dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti pupuk, bahan bakar, atau bahan bangunan. Pemanfaatan limbah dapat mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam dan meningkatkan efisiensi produksi.

  • Pengurangan Limbah

    Pengurangan limbah merupakan strategi penting dalam pengelolaan limbah. Pengurangan limbah dapat dilakukan dengan cara optimalisasi pakan, penggunaan teknologi yang efisien, dan penerapan praktik manajemen yang baik.

See also  Modal Awal Ternak Jangkrik: Panduan Lengkap

Pengelolaan limbah yang efektif dalam ternak kerbau modern dapat memberikan banyak manfaat, antara lain: pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan, peningkatan efisiensi produksi, dan pemanfaatan limbah yang bernilai tambah. Dengan menerapkan praktik pengelolaan limbah yang baik, peternak kerbau dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan profitabilitas usaha ternak kerbau.

Asuransi ternak

Asuransi ternak merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Asuransi ternak memberikan perlindungan finansial kepada peternak dari kerugian ekonomi akibat kematian, kehilangan, atau kerusakan ternak karena berbagai sebab, seperti penyakit, kecelakaan, atau bencana alam.

  • Jenis Asuransi Ternak

    Terdapat berbagai jenis asuransi ternak yang dapat dipilih oleh peternak, antara lain asuransi jiwa ternak, asuransi kesehatan ternak, dan asuransi kehilangan produksi. Jenis asuransi yang dipilih akan menentukan cakupan perlindungan dan besarnya premi yang harus dibayarkan.

  • Manfaat Asuransi Ternak

    Asuransi ternak memberikan banyak manfaat bagi peternak, antara lain: perlindungan finansial dari kerugian ekonomi akibat kematian atau kehilangan ternak, ketenangan pikiran karena mengetahui ternak terlindungi dari risiko, dan kemudahan dalam memperoleh akses ke pembiayaan dari lembaga keuangan.

  • Peran Pemerintah

    Pemerintah juga berperan penting dalam pengembangan asuransi ternak. Pemerintah dapat memberikan subsidi premi asuransi untuk peternak kecil dan menengah, serta memfasilitasi kerja sama antara perusahaan asuransi dan peternak.

  • Kendala dan Tantangan

    Meskipun asuransi ternak memiliki banyak manfaat, namun masih terdapat beberapa kendala dan tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan akses informasi, kesenjangan infrastruktur, dan rendahnya literasi keuangan di kalangan peternak.

Dengan mengatasi kendala dan tantangan yang ada, asuransi ternak dapat menjadi instrumen penting dalam mendukung pengembangan ternak kerbau modern yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Pemasaran Produk

Pemasaran produk merupakan salah satu aspek penting dalam ternak kerbau modern. Pemasaran produk yang efektif dapat meningkatkan nilai tambah produk kerbau dan meningkatkan pendapatan peternak. Terdapat beberapa strategi pemasaran produk yang dapat diterapkan dalam ternak kerbau modern, antara lain:

  • Identifikasi Pasar Sasaran
    Langkah pertama dalam pemasaran produk adalah mengidentifikasi pasar sasaran. Peternak perlu mengetahui siapa saja konsumen potensial produk kerbau, seperti rumah tangga, restoran, atau industri pengolahan.
  • Diferensiasi Produk
    Produk kerbau modern harus memiliki keunggulan atau diferensiasi yang jelas dibandingkan produk pesaing. Diferensiasi dapat dilakukan melalui kualitas produk, kemasan, atau layanan yang diberikan.
  • Promosi dan Penjualan
    Promosi dan penjualan merupakan kegiatan penting untuk memperkenalkan produk kerbau modern kepada konsumen. Peternak dapat menggunakan berbagai saluran promosi, seperti media sosial, iklan, atau pameran dagang.
  • Riset Pasar
    Riset pasar sangat penting untuk memantau perkembangan pasar dan kebutuhan konsumen. Peternak dapat melakukan riset pasar untuk mengetahui tren pasar, preferensi konsumen, dan strategi pemasaran yang efektif.

Dengan menerapkan strategi pemasaran produk yang efektif, peternak kerbau modern dapat meningkatkan penjualan produk kerbau, meningkatkan pendapatan, dan membangun loyalitas pelanggan. Pemasaran produk merupakan komponen penting dalam ternak kerbau modern yang dapat membantu peternak mencapai kesuksesan bisnis.

Pengembangan teknologi

Pengembangan teknologi merupakan salah satu komponen penting dalam ternak kerbau modern. Teknologi dapat diterapkan dalam berbagai aspek ternak kerbau modern, mulai dari manajemen pakan, kesehatan, reproduksi, hingga pemasaran produk.

Salah satu contoh penerapan teknologi dalam ternak kerbau modern adalah penggunaan teknologi reproduksi buatan, seperti inseminasi buatan dan transfer embrio. Teknologi ini memungkinkan peternak untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau secara lebih cepat dan efisien. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk mengontrol reproduksi kerbau, sehingga peternak dapat mengatur waktu kelahiran anak kerbau sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain teknologi reproduksi, teknologi juga dapat diterapkan dalam manajemen pakan dan kesehatan kerbau. Misalnya, penggunaan teknologi sensor dapat membantu peternak memantau konsumsi pakan dan kesehatan kerbau secara real-time. Data yang dihasilkan oleh sensor dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dalam pemberian pakan dan pengobatan kerbau. Penerapan teknologi dalam manajemen pakan dan kesehatan dapat meningkatkan produktivitas kerbau dan mengurangi biaya produksi.

Pengembangan teknologi juga sangat penting untuk meningkatkan pemasaran produk kerbau. Teknologi digital dapat digunakan untuk mempromosikan produk kerbau dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk mengembangkan produk-produk baru dari kerbau, seperti produk olahan susu dan daging kerbau. Dengan memanfaatkan teknologi, peternak kerbau modern dapat meningkatkan nilai tambah produk kerbau dan meningkatkan pendapatan.

See also  Panduan Lengkap Memelihara Reptil Australia sebagai Ternak Kesayangan

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Ternak Kerbau Modern

FAQ ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dan memberikan klarifikasi mengenai aspek-aspek penting dalam ternak kerbau modern.

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan ternak kerbau modern?

Jawaban:Ternak kerbau modern adalah teknik pemeliharaan kerbau yang menggunakan metode-metode modern untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerbau, seperti inseminasi buatan, transfer embrio, seleksi genetik, manajemen pakan, dan manajemen kesehatan.Pertanyaan 2: Apa saja manfaat dari ternak kerbau modern?

Jawaban:Ternak kerbau modern memiliki banyak manfaat, antara lain: peningkatan produksi susu dan daging, peningkatan kualitas genetik kerbau, pengurangan biaya pemeliharaan, dan peningkatan kesejahteraan hewan.Pertanyaan 3: Bagaimana cara melakukan inseminasi buatan pada kerbau?

Jawaban:Inseminasi buatan dilakukan dengan cara memasukkan sperma berkualitas tinggi dari pejantan unggul ke dalam saluran reproduksi betina secara buatan menggunakan alat khusus.Pertanyaan 4: Apa itu transfer embrio pada kerbau?

Jawaban:Transfer embrio adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau dengan cara mengambil embrio dari kerbau betina donor yang memiliki kualitas genetik unggul, kemudian menanamkan embrio tersebut ke dalam rahim kerbau betina penerima.Pertanyaan 5: Apa saja aspek penting dalam manajemen pakan untuk kerbau modern?

Jawaban:Aspek penting dalam manajemen pakan untuk kerbau modern meliputi pemilihan pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kerbau, penyediaan pakan yang cukup dan berkualitas, serta pemberian pakan secara teratur.Pertanyaan 6: Mengapa kesejahteraan hewan penting dalam ternak kerbau modern?

Jawaban:Kesejahteraan hewan penting dalam ternak kerbau modern karena hewan yang sejahtera akan lebih sehat, produktif, dan menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

FAQ ini memberikan gambaran umum tentang aspek-aspek penting dalam ternak kerbau modern. Untuk pembahasan yang lebih mendalam, silakan lanjutkan membaca artikel ini.

Lanjut ke bagian berikutnya: Tantangan dan Peluang dalam Ternak Kerbau Modern

Tips Ternak Kerbau Modern

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan teknik ternak kerbau modern yang efektif guna meningkatkan produktivitas dan kualitas kerbau:

Tip 1: Gunakan Inseminasi Buatan untuk Meningkatkan Kualitas Genetik

Inseminasi buatan dapat membantu meningkatkan kualitas genetik kerbau dengan memasukkan sperma dari pejantan unggul. Hal ini dapat menghasilkan keturunan yang lebih produktif dan memiliki kualitas daging dan susu yang lebih baik.

Tip 2: Lakukan Seleksi Genetik untuk Memilih Bibit Terbaik

Seleksi genetik melibatkan pemilihan kerbau yang memiliki sifat unggul, seperti produksi susu yang tinggi, pertumbuhan badan yang cepat, dan ketahanan terhadap penyakit. Kerbau yang dipilih sebagai bibit akan menghasilkan keturunan yang mewarisi sifat-sifat unggul tersebut.

Tip 3: Optimalkan Manajemen Pakan untuk Meningkatkan Produktivitas

Pemberian pakan yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas kerbau. Pastikan untuk menyediakan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan kerbau, seperti protein, energi, mineral, dan vitamin.

Tip 4: Terapkan Manajemen Kesehatan untuk Mencegah Penyakit

Penyakit dapat berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitas kerbau. Terapkan manajemen kesehatan yang baik, seperti vaksinasi, pemberian obat cacing, dan menjaga kebersihan kandang, untuk mencegah dan mengendalikan penyakit.

Tip 5: Pastikan Kesejahteraan Hewan untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Kerbau yang sejahtera akan lebih sehat, produktif, dan menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Berikan lingkungan yang nyaman, bebas dari stres, dan penuhi kebutuhan dasar kerbau untuk memastikan kesejahteraannya.

Dengan menerapkan tips-tips ini, peternak dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas ternak kerbau modern, sehingga dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Lanjut ke bagian terakhir: Kesimpulan

Kesimpulan

Ternak kerbau modern merupakan penerapan metode-metode modern dalam pemeliharaan kerbau untuk meningkatkan produktivitas dan kualitasnya. Artikel ini telah mengulas berbagai aspek penting dalam ternak kerbau modern, meliputi inseminasi buatan, transfer embrio, seleksi genetik, manajemen pakan, manajemen kesehatan, kesejahteraan hewan, pengelolaan limbah, asuransi ternak, pemasaran produk, dan pengembangan teknologi.

Beberapa poin utama yang dapat disimpulkan dari artikel ini antara lain:

  • Ternak kerbau modern dapat meningkatkan produksi susu dan daging, serta meningkatkan kualitas genetik kerbau.
  • Penerapan teknologi, seperti inseminasi buatan dan transfer embrio, sangat penting untuk meningkatkan kualitas genetik kerbau secara cepat dan efisien.
  • Manajemen pakan, kesehatan, dan kesejahteraan hewan sangat penting untuk menjaga kesehatan, produktivitas, dan kualitas produk kerbau.

Ternak kerbau modern menawarkan banyak manfaat bagi peternak, antara lain peningkatan produktivitas, pengurangan biaya produksi, dan peningkatan kualitas produk. Dengan menerapkan teknik-teknik ternak kerbau modern, peternak dapat meningkatkan usaha ternak kerbau mereka secara berkelanjutan dan menguntungkan.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *