Panduan Lengkap Perawatan Ikan Hias Tetra, Ikan Cantik nan Menyegarkan

Ikan hias tetra merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Ikan ini memiliki bentuk tubuh ramping dan warna-warna cerah, sehingga dapat menghiasi akuarium dengan baik. Salah satu jenis ikan hias tetra yang populer adalah neon tetra, yang memiliki garis-garis biru dan merah di sepanjang tubuhnya.

Ikan hias tetra memiliki beberapa manfaat, antara lain dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan merangsang kreativitas. Selain itu, ikan ini juga memiliki sejarah yang panjang. Pada tahun 1905, ikan hias tetra pertama kali ditemukan di sungai Amazon oleh seorang ilmuwan bernama Carl H. Eigenmann.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang ikan hias tetra, mulai dari jenis-jenisnya, cara perawatannya, dan manfaatnya bagi kesehatan.

Ikan Hias Tetra

Ikan hias tetra memiliki berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan. Aspek-aspek ini meliputi jenis, perawatan, manfaat, dan sejarahnya.

  • Jenis
  • Perawatan
  • Manfaat
  • Sejarah
  • Ukuran
  • Warna
  • Habitat
  • Makanan
  • Reproduksi
  • Penyakit

Aspek-aspek ini saling berkaitan dan membentuk karakteristik ikan hias tetra secara keseluruhan. Jenis ikan hias tetra yang berbeda memiliki ukuran, warna, dan habitat yang berbeda. Perawatan ikan hias tetra juga bervariasi tergantung pada jenisnya. Manfaat ikan hias tetra bagi kesehatan telah banyak diteliti dan terbukti efektif. Sejarah ikan hias tetra juga sangat menarik, karena ikan ini pertama kali ditemukan di sungai Amazon pada tahun 1905.

Jenis

Jenis ikan hias tetra sangat beragam, dengan masing-masing jenis memiliki karakteristik yang unik. Keanekaragaman jenis ini menjadi salah satu daya tarik ikan hias tetra di kalangan penggemarnya.

  • Ukuran

    Ukuran ikan hias tetra bervariasi, mulai dari yang sangat kecil seperti neon tetra (hanya sekitar 2 cm) hingga yang berukuran sedang seperti black phantom tetra (sekitar 5 cm).

  • Warna

    Ikan hias tetra dikenal dengan warna-warnanya yang cerah dan menarik. Ada jenis ikan hias tetra yang berwarna merah, biru, hijau, kuning, dan bahkan hitam.

  • Habitat

    Ikan hias tetra berasal dari berbagai habitat, mulai dari sungai yang mengalir deras hingga rawa-rawa yang tenang. Ada jenis ikan hias tetra yang lebih menyukai air yang asam, sementara ada juga yang lebih menyukai air yang basa.

  • Makanan

    Ikan hias tetra umumnya memakan makanan hidup seperti cacing, serangga, dan udang. Namun, ada juga jenis ikan hias tetra yang mau memakan makanan buatan.

Keanekaragaman jenis ikan hias tetra memberikan banyak pilihan bagi para penggemarnya. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis, penggemar dapat memilih ikan hias tetra yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Perawatan

Perawatan merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan dan keindahan ikan hias tetra. Perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur ikan dan membuatnya lebih aktif dan berwarna. Sebaliknya, perawatan yang buruk dapat menyebabkan ikan sakit, stres, dan bahkan mati.

Salah satu aspek penting dalam perawatan ikan hias tetra adalah kualitas air. Ikan hias tetra membutuhkan air yang bersih dan bebas dari amonia, nitrit, dan nitrat. Air juga harus memiliki pH dan kesadahan yang sesuai dengan kebutuhan ikan. Untuk menjaga kualitas air, diperlukan filter dan penggantian air secara teratur.

Selain kualitas air, makanan juga merupakan faktor penting dalam perawatan ikan hias tetra. Ikan hias tetra umumnya memakan makanan hidup seperti cacing, serangga, dan udang. Namun, ada juga jenis ikan hias tetra yang mau memakan makanan buatan. Penting untuk memberi makan ikan hias tetra dengan jumlah yang tepat dan jenis makanan yang sesuai. Memberi makan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, sedangkan memberi makan terlalu sedikit dapat menyebabkan ikan kekurangan nutrisi.

Selain kualitas air dan makanan, faktor lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan ikan hias tetra adalah suhu, cahaya, dan dekorasi akuarium. Suhu air harus sesuai dengan kebutuhan ikan, biasanya antara 24-28 derajat Celcius. Cahaya juga penting untuk kesehatan ikan, karena ikan membutuhkan cahaya untuk mengatur ritme sirkadiannya. Dekorasi akuarium dapat berfungsi sebagai tempat berlindung dan bermain bagi ikan.

Dengan memberikan perawatan yang tepat, ikan hias tetra dapat hidup sehat dan bahagia selama bertahun-tahun. Perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur ikan, membuatnya lebih aktif dan berwarna, dan mencegah penyakit.

Manfaat

Ikan hias tetra tidak hanya memiliki keindahan estetika, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan psikologis manusia. Manfaat-manfaat ini menjadi salah satu alasan mengapa ikan hias tetra banyak dipelihara oleh masyarakat.

  • Mengurangi stres

    Melihat ikan hias tetra berenang di akuarium dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Gerakan ikan yang anggun dan warnanya yang cerah dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran.

  • Memperbaiki kualitas tidur

    Suara gemericik air dari akuarium ikan hias tetra dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak. Cahaya lembut dari akuarium juga dapat menciptakan suasana yang rileks dan damai.

  • Merangsang kreativitas

    Melihat ikan hias tetra berenang dapat menginspirasi kreativitas dan imajinasi. Warna dan gerakan ikan dapat memicu pikiran dan membantu menghasilkan ide-ide baru.

See also  Cara Merawat Ikan Hias Warna Untuk Pemula

Selain manfaat-manfaat di atas, ikan hias tetra juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengurangi rasa kesepian, dan bahkan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan demikian, ikan hias tetra dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menambah keindahan dan kesehatan pada rumah atau kantor mereka.

Sejarah

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan ikan hias tetra. Ikan hias tetra pertama kali ditemukan di sungai Amazon pada tahun 1905 oleh seorang ilmuwan bernama Carl H. Eigenmann. Penemuan ini menjadi titik awal sejarah ikan hias tetra, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi salah satu ikan hias yang paling populer.

Sejarah ikan hias tetra juga mencakup perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Seiring waktu, para ilmuwan dan penggemar ikan hias tetra belajar lebih banyak tentang kebutuhan dan perilaku ikan ini. Hal ini berujung pada pengembangan teknik perawatan dan pembiakan yang lebih baik, sehingga ikan hias tetra dapat dipelihara dengan lebih mudah dan sukses.

Selain itu, sejarah ikan hias tetra juga mencatat berbagai kontribusinya terhadap dunia akuarium. Ikan hias tetra telah menjadi subjek penelitian ilmiah, membantu para ilmuwan memahami lebih banyak tentang biologi dan perilaku ikan. Ikan hias tetra juga telah menginspirasi banyak karya seni, termasuk lukisan, patung, dan fotografi.

Ukuran

Ukuran merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan hias tetra. Ukuran ikan hias tetra bervariasi tergantung pada jenisnya, mulai dari yang sangat kecil hingga yang berukuran sedang. Ukuran ikan hias tetra memiliki beberapa implikasi penting, antara lain terkait dengan pemilihan akuarium, makanan, dan perawatan.

  • Ukuran Akuarium

    Ukuran akuarium harus disesuaikan dengan ukuran ikan hias tetra yang dipelihara. Ikan hias tetra yang berukuran kecil dapat dipelihara dalam akuarium yang berukuran kecil, sementara ikan hias tetra yang berukuran sedang membutuhkan akuarium yang lebih besar. Ukuran akuarium yang terlalu kecil dapat menyebabkan ikan stres dan sakit.

  • Makanan

    Ukuran makanan juga harus disesuaikan dengan ukuran ikan hias tetra. Ikan hias tetra yang berukuran kecil membutuhkan makanan yang berukuran kecil, seperti kutu air atau cacing sutra. Sementara itu, ikan hias tetra yang berukuran sedang dapat diberi makan makanan yang lebih besar, seperti jentik nyamuk atau cacing tanah.

  • Perawatan

    Perawatan ikan hias tetra juga harus disesuaikan dengan ukurannya. Ikan hias tetra yang berukuran kecil lebih mudah dirawat dibandingkan dengan ikan hias tetra yang berukuran sedang. Ikan hias tetra yang berukuran sedang membutuhkan perawatan yang lebih intensif, seperti pembersihan akuarium yang lebih sering dan pemberian makanan yang lebih teratur.

Dengan memahami ukuran ikan hias tetra yang dipelihara, penggemar ikan hias tetra dapat memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Perawatan yang tepat dapat membuat ikan hias tetra hidup sehat dan bahagia selama bertahun-tahun.

Warna

Warna merupakan salah satu aspek paling mencolok dari ikan hias tetra. Ikan hias tetra memiliki berbagai macam warna, dari yang cerah dan mencolok hingga yang lembut dan pastel. Warna-warna ini berfungsi sebagai kamuflase di alam liar, membantu ikan hias tetra bersembunyi dari predator dan mangsa. Selain itu, warna-warna ini juga digunakan untuk menarik pasangan dan berkomunikasi dengan sesama ikan.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi warna ikan hias tetra, antara lain genetika, lingkungan, dan makanan. Ikan hias tetra yang dipelihara di akuarium umumnya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan ikan hias tetra yang hidup di alam liar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kualitas air, makanan, dan pencahayaan yang lebih baik di akuarium.

Warna ikan hias tetra memiliki beberapa kegunaan praktis. Para ilmuwan menggunakan warna untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan spesies ikan hias tetra yang berbeda. Selain itu, warna ikan hias tetra juga dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin ikan. Ikan hias tetra jantan umumnya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan ikan hias tetra betina.

Habitat

Habitat merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan ikan hias tetra. Habitat ikan hias tetra mencakup lingkungan fisik, kimia, dan biologis yang dibutuhkan oleh ikan untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Habitat yang sesuai dapat membantu ikan hias tetra memiliki kualitas hidup yang baik, sementara habitat yang tidak sesuai dapat menyebabkan stres, penyakit, bahkan kematian.

  • Lokasi Geografis

    Habitat ikan hias tetra umumnya berada di sungai-sungai kecil dan anak sungai di daerah tropis. Ikan hias tetra dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Selatan, Afrika, dan Asia.

  • Kualitas Air

    Ikan hias tetra membutuhkan air yang bersih dan jernih dengan kadar oksigen terlarut yang cukup. pH air yang ideal untuk ikan hias tetra berkisar antara 6,0 hingga 7,5, sedangkan kesadahan air yang ideal berkisar antara 5 hingga 15 dGH.

  • Vegetasi

    Habitat ikan hias tetra biasanya ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman air. Tanaman air ini berfungsi sebagai tempat bersembunyi, mencari makan, dan memijah bagi ikan hias tetra.

  • Arus Air

    Ikan hias tetra umumnya menyukai habitat dengan arus air yang sedang hingga deras. Arus air yang deras membantu ikan hias tetra mendapatkan oksigen dan makanan, serta menjaga kebersihan lingkungan hidupnya.

See also  Cara Meningkatkan Pangsa Pasar Ekspor Ikan Hias Indonesia

Dengan memahami habitat ikan hias tetra, penggemar ikan hias tetra dapat memberikan perawatan yang optimal sesuai dengan kebutuhan ikan. Perawatan yang optimal dapat membantu ikan hias tetra hidup sehat dan bahagia selama bertahun-tahun.

Makanan

Makanan merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan ikan hias tetra. Makanan yang tepat dapat membantu ikan hias tetra tumbuh sehat, aktif, dan berwarna cerah. Sebaliknya, makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kekurangan nutrisi, penyakit, dan bahkan kematian.

  • Jenis Makanan

    Ikan hias tetra umumnya memakan makanan hidup seperti cacing, serangga, dan udang. Namun, ada juga jenis ikan hias tetra yang mau memakan makanan buatan, seperti pelet dan serpihan. Penting untuk memberikan variasi makanan kepada ikan hias tetra agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

  • Frekuensi Pemberian Makan

    Ikan hias tetra harus diberi makan beberapa kali sehari dalam jumlah kecil. Jumlah dan frekuensi pemberian makan harus disesuaikan dengan ukuran, usia, dan jenis ikan hias tetra. Pemberian makan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti obesitas dan gangguan pencernaan.

  • Kualitas Makanan

    Kualitas makanan juga penting untuk kesehatan ikan hias tetra. Makanan hidup umumnya lebih bergizi dibandingkan dengan makanan buatan. Namun, makanan hidup juga dapat membawa penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa makanan hidup yang diberikan kepada ikan hias tetra sehat dan bebas dari parasit.

  • Kebutuhan Nutrisi

    Ikan hias tetra membutuhkan berbagai nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan ikan hias tetra secara keseluruhan. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pertumbuhan terhambat, penyakit, dan kematian.

Dengan memahami kebutuhan makanan ikan hias tetra, penggemar ikan hias tetra dapat memberikan perawatan yang optimal sesuai dengan kebutuhan ikan. Perawatan yang optimal dapat membantu ikan hias tetra hidup sehat dan bahagia selama bertahun-tahun.

Reproduksi

Reproduksi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan ikan hias tetra. Proses reproduksi memungkinkan ikan hias tetra untuk berkembang biak dan mempertahankan populasinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam reproduksi ikan hias tetra, seperti pemilihan pasangan, persiapan sarang, dan perawatan telur.

  • Pemilihan Pasangan

    Ikan hias tetra umumnya kawin dengan pasangan yang berlawanan jenis dan berukuran sama. Proses pemilihan pasangan biasanya melibatkan tarian dan gerakan tertentu.

  • Persiapan Sarang

    Beberapa jenis ikan hias tetra menyiapkan sarang untuk menyimpan telurnya. Sarang biasanya dibuat di tempat yang tersembunyi, seperti di antara tanaman air atau di dalam gua.

  • Pemijahan

    Proses pemijahan pada ikan hias tetra umumnya dilakukan pada pagi hari. Ikan hias tetra betina akan melepaskan telurnya, yang kemudian akan dibuahi oleh ikan hias tetra jantan.

  • Perawatan Telur

    Beberapa jenis ikan hias tetra menjaga telurnya hingga menetas. Ikan hias tetra betina biasanya akan menjaga telur dengan cara mengipasinya dengan siripnya.

Dengan memahami proses reproduksi ikan hias tetra, penggemar ikan hias tetra dapat memberikan perawatan yang optimal untuk membantu ikan hias tetra berkembang biak dan mempertahankan populasinya.

Penyakit

Penyakit dapat menjadi masalah umum yang dihadapi oleh ikan hias tetra. Penyakit dapat menyebabkan masalah kesehatan, memperpendek umur ikan, dan merusak keindahannya. Ada berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang ikan hias tetra, mulai dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, hingga parasit.

  • Infeksi Bakteri

    Infeksi bakteri merupakan salah satu jenis penyakit yang paling umum menyerang ikan hias tetra. Infeksi bakteri dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti luka pada tubuh, sirip yang rusak, dan perut yang kembung.

  • Infeksi Virus

    Infeksi virus juga dapat menyerang ikan hias tetra. Gejala infeksi virus pada ikan hias tetra dapat bervariasi, tergantung pada jenis virus yang menyerang. Beberapa gejala yang umum terjadi antara lain perubahan warna tubuh, lesu, dan nafsu makan menurun.

  • Infeksi Parasit

    Infeksi parasit juga dapat menyerang ikan hias tetra. Parasit dapat menempel pada tubuh ikan dan menyebabkan iritasi, luka, dan bahkan kematian. Beberapa jenis parasit yang umum menyerang ikan hias tetra antara lain kutu ikan dan cacing jangkar.

  • Penyakit Non-Infeksi

    Selain infeksi, ikan hias tetra juga dapat menderita penyakit non-infeksi. Penyakit non-infeksi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kualitas air yang buruk, kekurangan nutrisi, dan stres. Beberapa jenis penyakit non-infeksi yang umum terjadi pada ikan hias tetra antara lain penyakit gelembung renang dan sariawan mulut.

See also  Sketsa Gambar Ikan Hias

Penyakit dapat menjadi masalah serius yang dapat mengancam kesehatan dan keindahan ikan hias tetra. Dengan memahami jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang ikan hias tetra, penggemar ikan hias tetra dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk menjaga kesehatan ikan mereka.

Pertanyaan Umum tentang Ikan Hias Tetra

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum seputar ikan hias tetra, termasuk jenis-jenisnya, perawatan, dan penyakit yang dapat menyerang ikan ini.

Pertanyaan 1: Apa saja jenis ikan hias tetra yang populer?

Jawaban: Ada banyak jenis ikan hias tetra yang populer, di antaranya neon tetra, cardinal tetra, dan rummy nose tetra.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara merawat ikan hias tetra dengan baik?

Jawaban: Perawatan ikan hias tetra meliputi penyediaan akuarium yang sesuai, kualitas air yang baik, makanan yang bergizi, dan perawatan rutin seperti pembersihan akuarium dan penggantian air.

Pertanyaan 3: Apa saja penyakit yang dapat menyerang ikan hias tetra?

Jawaban: Ikan hias tetra dapat terserang berbagai penyakit, seperti infeksi bakteri, infeksi virus, dan infeksi parasit. Penting untuk menjaga kesehatan ikan dan kualitas air untuk mencegah penyakit.

Pertanyaan 4: Berapa lama ikan hias tetra dapat hidup?

Jawaban: Umur ikan hias tetra bervariasi tergantung pada jenis dan perawatan yang diberikan. Rata-rata, ikan hias tetra dapat hidup selama 5-10 tahun.

Pertanyaan 5: Apakah ikan hias tetra ikan yang sosial?

Jawaban: Ya, ikan hias tetra adalah ikan yang sosial dan hidup berkelompok. Sebaiknya memelihara ikan hias tetra dalam kelompok minimal 6 ekor untuk kesejahteraan dan kenyamanan mereka.

Pertanyaan 6: Apakah ikan hias tetra mudah dirawat?

Jawaban: Ikan hias tetra termasuk ikan yang relatif mudah dirawat. Namun, seperti semua ikan hias, mereka membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Pertanyaan-pertanyaan umum ini memberikan gambaran sekilas tentang ikan hias tetra dan perawatannya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk ke bagian lain dari artikel ini.

Bagi yang tertarik untuk memelihara ikan hias tetra, penting untuk melakukan riset dan memahami kebutuhan khusus mereka untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan mereka dalam jangka panjang.

Tips Memelihara Ikan Hias Tetra

Bagian ini akan memberikan beberapa tips penting untuk memelihara ikan hias tetra dengan baik dan sehat.

Tip 1: Sediakan Akuarium yang Sesuai

Ikan hias tetra membutuhkan akuarium yang cukup luas dan memiliki sistem filtrasi yang baik. Ukuran akuarium harus disesuaikan dengan jumlah ikan yang dipelihara.

Tip 2: Jaga Kualitas Air

Kualitas air sangat penting untuk kesehatan ikan hias tetra. Air harus bersih, jernih, dan memiliki pH serta kesadahan yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

Tip 3: Beri Makanan yang Bergizi

Ikan hias tetra membutuhkan makanan yang bergizi dan bervariasi. Beri makan ikan beberapa kali sehari dalam jumlah kecil.

Tip 4: Rawat Akuarium Secara Rutin

Akuarium harus dibersihkan dan diganti airnya secara rutin untuk menjaga kualitas air dan kesehatan ikan.

Tip 5: Hindari Stres

Stres dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ikan hias tetra. Hindari perubahan lingkungan yang mendadak dan jaga ketenangan di sekitar akuarium.

Tip 6: Kenali Tanda-tanda Penyakit

Amati ikan secara teratur untuk mengetahui tanda-tanda penyakit. Segera lakukan pengobatan jika ikan menunjukkan gejala penyakit.

Tip 7: Karantina Ikan Baru

Karantina ikan baru sebelum memasukkannya ke akuarium utama untuk mencegah penyebaran penyakit.

Tip 8: Beri Tanaman Hidup

Tanaman hidup dapat memberikan tempat bersembunyi dan mencari makan bagi ikan hias tetra, serta membantu menjaga kualitas air.

Dengan mengikuti tips-tips ini, ikan hias tetra dapat hidup sehat dan bahagia dalam akuarium.

Tips-tips ini sangat penting untuk diterapkan dalam memelihara ikan hias tetra agar tetap sehat dan aktif. Dengan mengikuti tips-tips ini, ikan hias tetra dapat menjadi penghuni akuarium yang indah dan menyegarkan.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kita telah mempelajari berbagai aspek penting tentang ikan hias tetra, mulai dari jenis-jenisnya, perawatan, manfaat, sejarah, hingga tips untuk memeliharanya dengan baik.

Beberapa poin utama yang dapat kita simpulkan antara lain:

  • Ikan hias tetra memiliki beragam jenis, ukuran, warna, dan habitat, sehingga dapat menjadi pilihan yang menarik bagi penggemar ikan hias.
  • Perawatan ikan hias tetra meliputi penyediaan akuarium yang sesuai, kualitas air yang baik, makanan yang bergizi, dan perawatan rutin seperti pembersihan akuarium dan penggantian air.
  • Ikan hias tetra memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan psikologis manusia, seperti mengurangi stres, memperbaiki kualitas tidur, dan merangsang kreativitas.

Dengan memahami aspek-aspek penting tentang ikan hias tetra, kita dapat memberikan perawatan yang optimal untuk menjaga kesehatan dan keindahan ikan ini. Ikan hias tetra dapat menjadi penghuni akuarium yang indah dan menyegarkan, sekaligus memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan kita.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *