Panduan Belanja Ikan Hias di Pasar Ikan Hias Jogja

Pasar ikan hias Jogja merupakan pasar yang menjual berbagai jenis ikan hias. Ikan hias yang dijual di pasar ini sangat beragam, mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut. Pasar ikan hias Jogja menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer di Yogyakarta.

Pasar ikan hias Jogja memiliki sejarah yang cukup panjang. Pasar ini sudah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Dahulu, pasar ini hanya menjual ikan hias air tawar. Namun, seiring berjalannya waktu, pasar ini mulai menjual ikan hias air laut.

Pasar ikan hias Jogja memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah sebagai sumber ekonomi. Pasar ini menjadi tempat bagi para pedagang ikan hias untuk menjual produk mereka. Selain itu, pasar ini juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk membeli ikan hias dengan harga yang terjangkau.

pasar ikan hias jogja

Pasar ikan hias Jogja merupakan salah satu pusat perdagangan ikan hias terbesar di Indonesia. Pasar ini memiliki peran penting dalam pengembangan industri ikan hias di Indonesia. Berikut adalah beberapa aspek penting terkait pasar ikan hias Jogja:

  • Jenis ikan hias
  • Harga ikan hias
  • Kualitas ikan hias
  • Jumlah pedagang
  • Omset penjualan
  • Kontribusi terhadap perekonomian
  • Daya tarik wisata
  • Sarana edukasi
  • Pusat pengembangan ikan hias
  • Peluang investasi

Pasar ikan hias Jogja memiliki keanekaragaman jenis ikan hias yang sangat lengkap. Harga ikan hias di pasar ini juga sangat bervariasi, tergantung jenis, ukuran, dan kualitas ikan. Kualitas ikan hias yang dijual di pasar ini umumnya sangat baik, karena para pedagang selalu menjaga kualitas ikan agar tetap sehat dan menarik.

Pasar ikan hias Jogja juga merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang populer di Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam olahan ikan hias, seperti gudeg ikan hias, rica-rica ikan hias, dan pepes ikan hias. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli ikan hias sebagai oleh-oleh.

Jenis ikan hias

Jenis ikan hias yang dijual di pasar ikan hias Jogja sangat beragam. Keanekaragaman jenis ikan hias ini menjadi salah satu daya tarik utama pasar ikan hias Jogja. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut.

Keanekaragaman jenis ikan hias di pasar ikan hias Jogja disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah letak geografis Yogyakarta yang berada di antara dua samudera, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Hal ini membuat Yogyakarta memiliki akses terhadap berbagai jenis ikan hias, baik dari perairan air tawar maupun air laut.

Selain itu, keanekaragaman jenis ikan hias di pasar ikan hias Jogja juga didukung oleh banyaknya pedagang ikan hias yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Para pedagang ini membawa ikan hias dari daerah asal mereka untuk dijual di pasar ikan hias Jogja. Hal ini membuat pasar ikan hias Jogja memiliki koleksi ikan hias yang sangat lengkap.

Keanekaragaman jenis ikan hias di pasar ikan hias Jogja memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah sebagai sumber edukasi. Pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis ikan hias, mulai dari bentuk, warna, hingga habitatnya. Selain itu, keanekaragaman jenis ikan hias di pasar ikan hias Jogja juga menjadi daya tarik wisata. Pengunjung dapat menikmati keindahan berbagai jenis ikan hias yang dipajang di pasar ikan hias Jogja.

Harga ikan hias

Harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja sangat bervariasi, tergantung jenis, ukuran, dan kualitas ikan. Namun, secara umum, harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja cukup terjangkau. Hal ini membuat pasar ikan hias Jogja menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer di Yogyakarta.

  • Jenis ikan

    Jenis ikan hias yang berbeda memiliki harga yang berbeda-beda. Misalnya, ikan hias air tawar umumnya lebih murah dibandingkan ikan hias air laut.

  • Ukuran ikan

    Ukuran ikan hias juga mempengaruhi harganya. Semakin besar ukuran ikan, semakin mahal harganya.

  • Kualitas ikan

    Kualitas ikan hias juga mempengaruhi harganya. Ikan hias yang sehat dan memiliki warna cerah umumnya lebih mahal dibandingkan ikan hias yang sakit atau memiliki warna kusam.

  • Kelangkaan ikan

    Ikan hias yang langka umumnya lebih mahal dibandingkan ikan hias yang mudah ditemukan.

Harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja cukup stabil. Hal ini membuat pasar ikan hias Jogja menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer di Yogyakarta. Pengunjung dapat membeli ikan hias dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik.

Kualitas ikan hias

Kualitas ikan hias merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja. Ikan hias yang sehat dan memiliki warna cerah umumnya lebih mahal dibandingkan ikan hias yang sakit atau memiliki warna kusam.

See also  Tips Belanja Ikan Hias di Pasar Ikan Hias Parung Foto

Pasar ikan hias Jogja memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas ikan hias. Hal ini dikarenakan para pedagang di pasar ikan hias Jogja selalu menjaga kualitas ikan hias agar tetap sehat dan menarik. Para pedagang biasanya membeli ikan hias dari petani ikan hias yang terpercaya dan berpengalaman. Selain itu, para pedagang juga selalu memperhatikan kondisi ikan hias selama di perjalanan dan di pasar.

Kualitas ikan hias yang baik sangat penting bagi pasar ikan hias Jogja. Ikan hias yang sehat dan menarik akan menarik lebih banyak pembeli. Hal ini akan meningkatkan omset penjualan ikan hias di pasar ikan hias Jogja. Selain itu, kualitas ikan hias yang baik juga akan membuat pasar ikan hias Jogja semakin terkenal dan dipercaya oleh masyarakat.

Jumlah pedagang

Jumlah pedagang merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan pasar ikan hias Jogja. Semakin banyak jumlah pedagang, semakin beragam jenis ikan hias yang dijual dan semakin kompetitif harga ikan hias di pasar.

  • Jumlah pedagang tetap

    Jumlah pedagang tetap adalah pedagang yang setiap hari berjualan di pasar ikan hias Jogja. Pedagang tetap biasanya memiliki tempat jualan tetap dan pelanggan tetap.

  • Jumlah pedagang musiman

    Jumlah pedagang musiman adalah pedagang yang hanya berjualan di pasar ikan hias Jogja pada musim-musim tertentu, seperti musim liburan atau musim panen ikan hias.

  • Jumlah pedagang online

    Jumlah pedagang online adalah pedagang yang berjualan ikan hias secara online melalui media sosial atau marketplace. Pedagang online biasanya memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dibandingkan pedagang offline.

  • Jumlah pedagang asing

    Jumlah pedagang asing adalah pedagang yang berasal dari luar negeri dan berjualan ikan hias di pasar ikan hias Jogja. Pedagang asing biasanya menjual ikan hias yang langka atau unik yang tidak tersedia di dalam negeri.

Jumlah pedagang di pasar ikan hias Jogja terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pasar ikan hias Jogja semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat. Peningkatan jumlah pedagang juga berdampak positif terhadap perekonomian Yogyakarta, karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan daerah.

Omset penjualan

Omset penjualan merupakan jumlah total pendapatan yang diperoleh dari penjualan ikan hias di pasar ikan hias Jogja. Omset penjualan merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur keberhasilan pasar ikan hias Jogja. Omset penjualan yang tinggi menunjukkan bahwa pasar ikan hias Jogja berkembang pesat dan diminati oleh masyarakat.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi omset penjualan di pasar ikan hias Jogja, antara lain:

  • Jumlah pengunjung
  • Jenis ikan hias yang dijual
  • Harga ikan hias
  • Kualitas ikan hias
  • Pelayanan pedagang

Omset penjualan di pasar ikan hias Jogja terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pasar ikan hias Jogja semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat. Peningkatan omset penjualan juga berdampak positif terhadap perekonomian Yogyakarta, karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan daerah.

Kontribusi terhadap perekonomian

Pasar ikan hias Jogja memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Yogyakarta. Kontribusi ini dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain:

  • Penciptaan lapangan kerja

    Pasar ikan hias Jogja menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang, mulai dari pedagang, petani ikan hias, hingga jasa pengiriman ikan hias.

  • Peningkatan pendapatan daerah

    Omset penjualan ikan hias di pasar ikan hias Jogja mencapai miliaran rupiah setiap tahunnya. Pendapatan ini menjadi sumber pendapatan daerah yang dapat digunakan untuk pembangunan berbagai infrastruktur dan fasilitas umum.

  • Promosi pariwisata

    Pasar ikan hias Jogja menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang populer di Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam olahan ikan hias, seperti gudeg ikan hias, rica-rica ikan hias, dan pepes ikan hias. Hal ini dapat menarik lebih banyak wisatawan ke Yogyakarta dan meningkatkan pendapatan daerah.

  • Pengembangan UMKM

    Pasar ikan hias Jogja menjadi tempat bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Pedagang ikan hias di pasar ikan hias Jogja umumnya merupakan pelaku UMKM yang menjual ikan hias hasil budidaya sendiri atau dari petani ikan hias lainnya.

Kontribusi pasar ikan hias Jogja terhadap perekonomian Yogyakarta sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa pasar ikan hias Jogja memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Yogyakarta.

Daya tarik wisata

Pasar ikan hias Jogja memiliki daya tarik wisata yang kuat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Keanekaragaman jenis ikan hias

    Pasar ikan hias Jogja memiliki keanekaragaman jenis ikan hias yang sangat lengkap. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut. Keanekaragaman jenis ikan hias ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

  • Harga ikan hias yang terjangkau

    Harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja sangat terjangkau. Hal ini membuat pasar ikan hias Jogja menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer di Yogyakarta. Pengunjung dapat membeli ikan hias dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik.

  • Kualitas ikan hias yang baik

    Kualitas ikan hias di pasar ikan hias Jogja sangat baik. Hal ini dikarenakan para pedagang di pasar ikan hias Jogja selalu menjaga kualitas ikan hias agar tetap sehat dan menarik. Pengunjung dapat membeli ikan hias dengan kualitas yang baik dan terjamin kesehatannya.

  • Pelayanan pedagang yang ramah

    Pedagang di pasar ikan hias Jogja sangat ramah dan membantu. Pengunjung dapat bertanya tentang berbagai jenis ikan hias dan cara merawatnya. Pedagang juga akan memberikan saran dan rekomendasi kepada pengunjung yang ingin membeli ikan hias.

See also  Rahasia Memelihara Ikan Hias Laut Sehat dan Bahagia

Daya tarik wisata pasar ikan hias Jogja semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pasar ikan hias Jogja semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat. Peningkatan daya tarik wisata pasar ikan hias Jogja juga berdampak positif terhadap perekonomian Yogyakarta, karena dapat menarik lebih banyak wisatawan ke Yogyakarta.

Sarana edukasi

Pasar ikan hias Jogja tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias, tetapi juga menjadi sarana edukasi. Pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis ikan hias, mulai dari bentuk, warna, hingga habitatnya.

  • Jenis ikan hias

    Pengunjung dapat melihat langsung berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut. Hal ini dapat menambah pengetahuan pengunjung tentang keberagaman ikan hias di dunia.

  • Habitat ikan hias

    Pengunjung dapat mengetahui habitat asli ikan hias, seperti sungai, danau, atau laut. Hal ini dapat menambah pengetahuan pengunjung tentang lingkungan hidup ikan hias.

  • Perawatan ikan hias

    Pedagang ikan hias di pasar ikan hias Jogja biasanya dengan senang hati memberikan informasi tentang cara merawat ikan hias. Pengunjung dapat bertanya tentang jenis makanan, kualitas air, dan penyakit yang umum menyerang ikan hias.

  • Budidaya ikan hias

    Pengunjung juga dapat belajar tentang teknik-teknik budidaya ikan hias. Beberapa pedagang ikan hias di pasar ikan hias Jogja juga menjual bibit ikan hias dan peralatan budidaya ikan hias.

Dengan menjadi sarana edukasi, pasar ikan hias Jogja dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ikan hias. Hal ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih mencintai dan memelihara ikan hias. Selain itu, pasar ikan hias Jogja juga dapat menjadi tempat penelitian bagi mahasiswa dan peneliti yang ingin mempelajari tentang ikan hias.

Pusat pengembangan ikan hias

Pasar ikan hias Jogja tidak hanya menjadi pusat perdagangan dan sarana edukasi, tetapi juga menjadi pusat pengembangan ikan hias. Pasar ikan hias Jogja memiliki beberapa aspek yang mendukung pengembangan ikan hias, antara lain:

  • Budidaya ikan hias

    Pasar ikan hias Jogja menjadi tempat berkumpulnya para petani ikan hias. Petani ikan hias ini membudidayakan berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan hias air tawar hingga ikan hias air laut. Budidaya ikan hias ini menjadi salah satu sumber pendapatan utama bagi masyarakat Yogyakarta.

  • Penelitian dan pengembangan

    Pasar ikan hias Jogja juga menjadi tempat penelitian dan pengembangan ikan hias. Beberapa lembaga penelitian dan perguruan tinggi bekerja sama dengan pedagang ikan hias di pasar ikan hias Jogja untuk mengembangkan teknik-teknik budidaya ikan hias baru.

  • Inovasi produk

    Pasar ikan hias Jogja menjadi tempat lahirnya inovasi produk ikan hias. Pedagang ikan hias di pasar ikan hias Jogja selalu berusaha untuk menciptakan produk ikan hias baru yang unik dan menarik. Inovasi produk ini menjadi salah satu daya tarik pasar ikan hias Jogja.

  • Promosi dan pemasaran

    Pasar ikan hias Jogja menjadi tempat promosi dan pemasaran ikan hias. Pedagang ikan hias di pasar ikan hias Jogja aktif mempromosikan ikan hias mereka melalui berbagai media, seperti media sosial dan website.

Dengan berbagai aspek tersebut, pasar ikan hias Jogja menjadi pusat pengembangan ikan hias yang penting di Indonesia. Pasar ikan hias Jogja telah berkontribusi dalam pengembangan industri ikan hias di Indonesia, baik dari segi budidaya, penelitian, maupun pemasaran.

Peluang investasi

Pasar ikan hias Jogja tidak hanya menawarkan peluang bisnis bagi pedagang dan petani ikan hias, tetapi juga peluang investasi bagi masyarakat umum. Ada beberapa aspek peluang investasi yang dapat ditemukan di pasar ikan hias Jogja, antara lain:

  • Investasi budidaya ikan hias

    Masyarakat dapat berinvestasi di bidang budidaya ikan hias dengan cara menjadi petani ikan hias. Budidaya ikan hias dapat dilakukan di lahan yang terbatas dan tidak memerlukan modal yang besar.

  • Investasi perdagangan ikan hias

    Masyarakat juga dapat berinvestasi di bidang perdagangan ikan hias dengan cara menjadi pedagang ikan hias. Perdagangan ikan hias dapat dilakukan secara offline di pasar ikan hias atau secara online melalui media sosial dan marketplace.

  • Investasi produk turunan ikan hias

    Selain berinvestasi di bidang budidaya dan perdagangan ikan hias, masyarakat juga dapat berinvestasi di bidang produk turunan ikan hias. Produk turunan ikan hias yang dapat dikembangkan antara lain makanan ikan hias, obat-obatan ikan hias, dan aksesoris ikan hias.

  • Investasi jasa terkait ikan hias

    Masyarakat juga dapat berinvestasi di bidang jasa terkait ikan hias. Jasa terkait ikan hias yang dapat dikembangkan antara lain jasa desain akuarium, jasa perawatan akuarium, dan jasa konsultasi ikan hias.

Peluang investasi di pasar ikan hias Jogja sangat terbuka lebar bagi masyarakat umum. Dengan modal yang relatif kecil, masyarakat dapat memulai investasi di bidang ikan hias dan memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

See also  Panduan Lengkap Dunia Ikan Hias: Tips dan Trik Merawat Ikan Hias dengan Benar

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Pasar Ikan Hias Jogja

Bagian ini menjawab beberapa pertanyaan umum dan memberikan informasi lebih lanjut tentang pasar ikan hias Jogja. Pertanyaan-pertanyaan ini dipilih berdasarkan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung dan pedagang pasar ikan hias Jogja.

Pertanyaan 1: Di mana lokasi pasar ikan hias Jogja?

Pasar ikan hias Jogja terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 86, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Pertanyaan 2: Jam berapa pasar ikan hias Jogja buka?

Pasar ikan hias Jogja buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Pertanyaan 3: Jenis ikan hias apa saja yang dijual di pasar ikan hias Jogja?

Pasar ikan hias Jogja menjual berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan hias air tawar seperti cupang, koki, dan discus, hingga ikan hias air laut seperti ikan badut, ikan nemo, dan ikan tangkisan.

Pertanyaan 4: Berapa harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja?

Harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja bervariasi tergantung jenis, ukuran, dan kualitas ikan. Namun, secara umum, harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja cukup terjangkau.

Pertanyaan 5: Apakah pasar ikan hias Jogja juga menjual perlengkapan akuarium?

Ya, pasar ikan hias Jogja juga menjual berbagai perlengkapan akuarium, seperti akuarium, filter, pompa air, dan lampu akuarium.

Pertanyaan 6: Apakah pasar ikan hias Jogja memberikan layanan pengiriman ikan?

Tidak, pasar ikan hias Jogja tidak menyediakan layanan pengiriman ikan. Pembeli harus mengambil ikan yang dibeli langsung di pasar.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang pasar ikan hias Jogja. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan bertanya kepada pedagang di pasar ikan hias Jogja atau kunjungi situs resmi pasar ikan hias Jogja.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang jenis-jenis ikan hias yang dijual di pasar ikan hias Jogja.

Tips Berbelanja di Pasar Ikan Hias Jogja

Pasar ikan hias Jogja merupakan salah satu pasar ikan hias terbesar di Indonesia. Pasar ini menawarkan berbagai jenis ikan hias dengan harga yang terjangkau. Bagi Anda yang ingin berbelanja ikan hias di pasar ikan hias Jogja, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Datanglah pada waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk berbelanja ikan hias di pasar ikan hias Jogja adalah pada pagi hari, saat ikan-ikan masih segar dan pedagang baru membuka lapaknya.
  2. Pilih pedagang yang terpercaya. Carilah pedagang yang sudah lama berjualan di pasar ikan hias Jogja dan memiliki reputasi yang baik. Anda dapat bertanya kepada pedagang lain atau pengunjung pasar untuk rekomendasi pedagang yang terpercaya.
  3. Periksa kondisi ikan dengan teliti. Sebelum membeli ikan, periksa kondisi ikan dengan teliti. Pastikan ikan tidak memiliki luka, cacat, atau penyakit. Anda juga dapat meminta pedagang untuk menunjukkan ikan berenang untuk memastikan ikan sehat.
  4. Tawar harga. Harga ikan hias di pasar ikan hias Jogja biasanya masih bisa ditawar. Jangan ragu untuk menawar harga dengan pedagang, tetapi tetaplah bersikap sopan dan wajar.
  5. Bawa peralatan sendiri. Jika Anda membeli ikan hias dalam jumlah banyak, sebaiknya bawa peralatan sendiri, seperti ember atau kantong plastik untuk membawa ikan. Anda juga dapat meminta pedagang untuk membantu mengemas ikan.
  6. Perhatikan kebersihan dan kesehatan. Pasar ikan hias Jogja biasanya ramai dan basah. Pastikan Anda menjaga kebersihan dan kesehatan selama berbelanja. Kenakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang tidak licin. Anda juga dapat membawa hand sanitizer atau tisu basah.
  7. Hormati pedagang. Pedagang di pasar ikan hias Jogja biasanya ramah dan membantu. Hormatilah pedagang dengan bersikap sopan dan tidak menawar harga terlalu rendah.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat berbelanja ikan hias di pasar ikan hias Jogja dengan mudah dan menyenangkan. Pasar ikan hias Jogja menawarkan berbagai jenis ikan hias dengan harga yang terjangkau. Anda dapat menemukan ikan hias yang Anda inginkan untuk mempercantik akuarium Anda.

Setelah berbelanja ikan hias di pasar ikan hias Jogja, langkah selanjutnya adalah merawat ikan hias tersebut dengan baik. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang cara merawat ikan hias agar tetap sehat dan cantik.

Kesimpulan

Pasar ikan hias Jogja merupakan salah satu pasar ikan hias terbesar di Indonesia. Pasar ini menawarkan berbagai jenis ikan hias dengan harga yang terjangkau. Pasar ikan hias Jogja memiliki beberapa keunggulan, antara lain keanekaragaman jenis ikan hias, harga yang terjangkau, kualitas ikan hias yang baik, dan suasana pasar yang ramai dan menyenangkan.

Pasar ikan hias Jogja juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Yogyakarta. Pasar ini menjadi sumber pendapatan bagi banyak pedagang dan petani ikan hias. Selain itu, pasar ikan hias Jogja juga menjadi tempat wisata kuliner dan sarana edukasi bagi masyarakat.

Pasar ikan hias Jogja terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pasar ikan hias Jogja memiliki potensi yang besar untuk terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat Yogyakarta.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *