Panduan Lengkap Pasar Ikan Hias Johar: Surga Pecinta Ikan Hias Semarang

Pasar Ikan Hias Johar, pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah, telah menjadi destinasi bagi para pecinta ikan hias selama bertahun-tahun.

Pasar ini menawarkan berbagai jenis ikan hias dari berbagai ukuran dan warna, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menemukan ikan yang sempurna untuk akuarium mana pun. Tidak hanya itu, Pasar Ikan Hias Johar juga menjadi sumber ekonomi penting bagi masyarakat sekitar, menyediakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Artikel ini akan membahas sejarah, perkembangan, dan dampak Pasar Ikan Hias Johar terhadap industri akuarium di Indonesia, serta memberikan tips dan panduan bagi pengunjung yang ingin mendapatkan ikan hias terbaik.

Pasar Ikan Hias Johar

Pasar Ikan Hias Johar merupakan pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah yang memiliki peran penting dalam industri akuarium di Indonesia. Aspek-aspek penting yang terkait dengan pasar ini meliputi:

  • Jenis ikan hias beragam
  • Harga terjangkau
  • Kualitas ikan terjamin
  • Pusat informasi ikan hias
  • Sarana edukasi pecinta ikan hias
  • Penunjang perekonomian masyarakat
  • Tempat wisata kuliner
  • Destinasi wisata keluarga
  • Simbol kebanggaan Kota Semarang
  • Warisan budaya masyarakat Jawa

Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias semata, tetapi juga memiliki nilai-nilai sosial dan budaya yang melekat. Sebagai pusat informasi dan edukasi, pasar ini berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang berbagai jenis ikan hias dan cara perawatannya. Selain itu, pasar ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pecinta ikan hias untuk berbagi pengalaman dan menjalin silaturahmi.

Jenis Ikan Hias Beragam

Pasar Ikan Hias Johar memiliki beragam jenis ikan hias yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Keberagaman ini tidak hanya mencakup jenis ikan yang berbeda, tetapi juga ukuran, warna, dan bentuk yang sangat bervariasi.

  • Ikan Hias Air Tawar

    Pasar Ikan Hias Johar menyediakan berbagai jenis ikan hias air tawar, seperti cupang, koki, neon tetra, arwana, dan masih banyak lagi. Ikan-ikan ini umumnya mudah dirawat dan cocok untuk pemula.

  • Ikan Hias Air Laut

    Bagi pecinta ikan hias air laut, Pasar Ikan Hias Johar juga menyediakan berbagai jenis ikan, seperti clownfish, tang, damselfish, dan pufferfish. Ikan-ikan ini membutuhkan perawatan yang lebih khusus, tetapi keindahannya sangat memukau.

  • Ikan Hias Predator

    Untuk pecinta ikan hias yang mencari sensasi, Pasar Ikan Hias Johar menawarkan berbagai jenis ikan hias predator, seperti arwana, piranha, dan belut listrik. Ikan-ikan ini membutuhkan perawatan yang sangat khusus dan hanya cocok untuk penghobi berpengalaman.

  • Ikan Hias Langka

    Bagi kolektor ikan hias langka, Pasar Ikan Hias Johar juga menjadi tujuan yang tepat. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis ikan hias langka, seperti arwana super red, louhan golden head, dan channa barca. Ikan-ikan ini memiliki harga yang sangat tinggi dan sangat dicari oleh para kolektor.

Keberagaman jenis ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar memberikan banyak pilihan bagi pengunjung untuk menemukan ikan hias yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. Keberagaman ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat Pasar Ikan Hias Johar menjadi pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah.

Harga Terjangkau

Harga terjangkau merupakan salah satu faktor penting yang membuat Pasar Ikan Hias Johar menjadi pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah. Harga yang ditawarkan di pasar ini sangat kompetitif, bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga di toko-toko ikan hias lainnya.

Penyebab harga ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar terjangkau adalah karena banyaknya pedagang yang menjual ikan hias dalam jumlah besar. Hal ini membuat harga ikan hias menjadi lebih murah karena pedagang dapat memperoleh harga grosir. Selain itu, persaingan antar pedagang juga membuat harga ikan hias tetap terjangkau.

Harga terjangkau di Pasar Ikan Hias Johar memberikan banyak manfaat bagi pembeli. Pembeli dapat membeli ikan hias dengan harga yang lebih murah, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, harga terjangkau juga memungkinkan pembeli untuk membeli ikan hias dalam jumlah banyak, sehingga dapat membuat akuarium mereka lebih indah dan beragam.

Kesimpulannya, harga terjangkau merupakan komponen penting yang berkontribusi pada perkembangan Pasar Ikan Hias Johar sebagai pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah. Harga terjangkau ini memberikan banyak manfaat bagi pembeli, sehingga membuat Pasar Ikan Hias Johar menjadi tujuan utama bagi pecinta ikan hias.

Kualitas Ikan Terjamin

Kualitas ikan terjamin merupakan salah satu faktor penting yang membuat Pasar Ikan Hias Johar menjadi pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah. Pasar ini memiliki sistem pengawasan kualitas ikan yang ketat, sehingga pembeli dapat yakin bahwa ikan yang mereka beli adalah ikan yang sehat dan berkualitas baik.

See also  Tips Merawat Ikan Hias Gepeng untuk Pemula

Pengawasan kualitas ikan di Pasar Ikan Hias Johar dilakukan oleh tim khusus yang bertugas memeriksa kesehatan ikan sebelum dijual. Tim ini memeriksa berbagai aspek kesehatan ikan, seperti kondisi fisik, nafsu makan, dan tingkat stres. Ikan yang tidak memenuhi standar kesehatan akan langsung disingkirkan dan tidak diperjualbelikan.

Selain pengawasan oleh tim khusus, pedagang di Pasar Ikan Hias Johar juga memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya menjaga kualitas ikan. Mereka biasanya membeli ikan dari pemasok yang terpercaya dan memberikan perawatan yang baik selama ikan berada di toko mereka.

Kualitas ikan terjamin di Pasar Ikan Hias Johar memberikan banyak manfaat bagi pembeli. Pembeli dapat yakin bahwa ikan yang mereka beli adalah ikan yang sehat dan berkualitas baik, sehingga dapat hidup lebih lama dan lebih sedikit menimbulkan masalah kesehatan. Selain itu, kualitas ikan terjamin juga meningkatkan nilai jual ikan, sehingga menguntungkan bagi pedagang.

Pusat Informasi Ikan Hias

Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias, tetapi juga berfungsi sebagai pusat informasi ikan hias. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pedagang dan penghobi ikan hias yang berkumpul di pasar ini, sehingga menciptakan ekosistem yang kaya akan informasi seputar ikan hias.

Salah satu bentuk pusat informasi ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar adalah adanya kios-kios yang khusus menjual buku, majalah, dan artikel tentang ikan hias. Di kios-kios ini, pengunjung dapat memperoleh informasi tentang berbagai jenis ikan hias, cara perawatan, dan tren terbaru di dunia ikan hias. Selain itu, banyak pedagang di Pasar Ikan Hias Johar yang juga bersedia memberikan informasi dan konsultasi gratis kepada pengunjung yang ingin belajar lebih banyak tentang ikan hias.

Pusat informasi ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar sangat penting bagi perkembangan hobi ikan hias di Indonesia. Informasi yang tersedia di pasar ini membantu pecinta ikan hias untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam merawat ikan hias. Selain itu, pusat informasi ikan hias juga berperan dalam mempromosikan hobi ikan hias kepada masyarakat luas, sehingga dapat menarik lebih banyak orang untuk menjadi pecinta ikan hias.

Sarana edukasi pecinta ikan hias

Sebagai pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah, Pasar Ikan Hias Johar juga berperan sebagai sarana edukasi pecinta ikan hias. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pedagang dan penghobi ikan hias yang berkumpul di pasar ini, sehingga menciptakan ekosistem yang kaya akan informasi seputar ikan hias.

Salah satu bentuk sarana edukasi pecinta ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar adalah adanya kios-kios yang khusus menjual buku, majalah, dan artikel tentang ikan hias. Di kios-kios ini, pengunjung dapat memperoleh informasi tentang berbagai jenis ikan hias, cara perawatan, dan tren terbaru di dunia ikan hias. Selain itu, banyak pedagang di Pasar Ikan Hias Johar yang juga bersedia memberikan informasi dan konsultasi gratis kepada pengunjung yang ingin belajar lebih banyak tentang ikan hias.

Sarana edukasi pecinta ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar sangat penting bagi perkembangan hobi ikan hias di Indonesia. Informasi yang tersedia di pasar ini membantu pecinta ikan hias untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam merawat ikan hias. Selain itu, sarana edukasi ikan hias juga berperan dalam mempromosikan hobi ikan hias kepada masyarakat luas, sehingga dapat menarik lebih banyak orang untuk menjadi pecinta ikan hias.

Penunjang perekonomian masyarakat

Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias, tetapi juga berperan sebagai penunjang perekonomian masyarakat. Keberadaan pasar ini telah menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang, sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi para pedagang dan pelaku bisnis terkait.

  • Penciptaan lapangan kerja

    Pasar Ikan Hias Johar menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang, mulai dari pedagang, kuli angkut, hingga pemilik kios makanan dan minuman. Lapangan kerja ini membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar pasar.

  • Sumber pendapatan pedagang

    Pasar Ikan Hias Johar menjadi sumber pendapatan utama bagi para pedagang ikan hias. Pedagang dapat memperoleh keuntungan dari hasil penjualan ikan hias, baik secara eceran maupun grosir.

  • Peluang usaha sampingan

    Keberadaan Pasar Ikan Hias Johar juga membuka peluang usaha sampingan bagi masyarakat sekitar. Mereka dapat memanfaatkan keramaian pasar untuk berjualan makanan, minuman, atau aksesoris ikan hias.

  • Peningkatan nilai properti

    Keberadaan Pasar Ikan Hias Johar telah meningkatkan nilai properti di sekitarnya. Lahan dan bangunan di sekitar pasar menjadi lebih mahal karena tingginya permintaan akan tempat usaha.

Dengan demikian, Pasar Ikan Hias Johar memiliki peran penting dalam menunjang perekonomian masyarakat. Pasar ini menyediakan lapangan kerja, menjadi sumber pendapatan, membuka peluang usaha sampingan, dan meningkatkan nilai properti di sekitarnya.

See also  Cara Merawat Ikan Hias Ekor Panjang untuk Pemula

Tempat wisata kuliner

Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias, tetapi juga menjadi tempat wisata kuliner yang menarik. Keberadaan tempat wisata kuliner di sekitar pasar ini saling terkait dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Tempat wisata kuliner di sekitar Pasar Ikan Hias Johar menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung pasar. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan dan minuman setelah puas berbelanja ikan hias. Keberadaan tempat wisata kuliner juga memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di pasar.

Sebaliknya, Pasar Ikan Hias Johar juga memberikan keuntungan bagi tempat wisata kuliner di sekitarnya. Keramaian pasar menarik banyak pengunjung yang potensial menjadi pelanggan tempat wisata kuliner. Selain itu, keberadaan pasar ikan hias membuat tempat wisata kuliner di sekitarnya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Secara keseluruhan, hubungan antara tempat wisata kuliner dan Pasar Ikan Hias Johar bersifat simbiosis mutualisme. Keberadaan kedua komponen ini saling menguntungkan dan memberikan pengalaman yang lebih lengkap bagi pengunjung.

Destinasi wisata keluarga

Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias, tetapi juga menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik. Pasar ini menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas yang cocok untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

  • Beragam jenis ikan hias

    Pasar Ikan Hias Johar memiliki beragam jenis ikan hias yang menarik untuk dilihat dan dipelajari bersama keluarga. Anak-anak dapat belajar tentang berbagai jenis ikan, habitatnya, dan cara merawatnya.

  • Tempat yang aman dan nyaman

    Pasar Ikan Hias Johar merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Pasar ini memiliki area parkir yang luas, toilet yang bersih, dan petugas keamanan yang berjaga.

  • Harga terjangkau

    Harga ikan hias di Pasar Ikan Hias Johar relatif terjangkau, sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga yang ramah kantong.

  • Lokasi strategis

    Pasar Ikan Hias Johar terletak di pusat kota Semarang, sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Pasar ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya, seperti Lawang Sewu dan Kota Lama.

Dengan berbagai atraksi dan aktivitas yang ditawarkan, Pasar Ikan Hias Johar menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik dan edukatif. Pasar ini memberikan kesempatan bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama, belajar tentang ikan hias, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Simbol kebanggaan Kota Semarang

Pasar Ikan Hias Johar telah menjadi simbol kebanggaan Kota Semarang sejak lama. Pasar ini tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah, tetapi juga menjadi ikon wisata yang menarik banyak pengunjung dari dalam dan luar kota. Keberadaan Pasar Ikan Hias Johar telah membawa banyak manfaat bagi Kota Semarang, baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya.

Salah satu manfaat ekonomi dari Pasar Ikan Hias Johar adalah peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Pasar ini menjadi sumber pendapatan yang cukup besar bagi pemerintah kota Semarang. Selain itu, Pasar Ikan Hias Johar juga menciptakan lapangan kerja bagi banyak masyarakat sekitar. Keberadaan pasar ini telah menggerakkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan warga Semarang.

Selain manfaat ekonomi, Pasar Ikan Hias Johar juga membawa manfaat sosial budaya bagi Kota Semarang. Pasar ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk melestarikan budaya memelihara ikan hias. Selain itu, Pasar Ikan Hias Johar juga menjadi tempat berkumpulnya para pecinta ikan hias dari berbagai daerah. Melalui Pasar Ikan Hias Johar, masyarakat Semarang dapat berinteraksi dan berbagi pengetahuan tentang ikan hias.

Dengan berbagai manfaat yang diberikan, Pasar Ikan Hias Johar telah menjadi simbol kebanggaan Kota Semarang. Pasar ini menjadi kebanggaan masyarakat Semarang karena telah membawa nama baik kota Semarang ke tingkat nasional bahkan internasional. Keberadaan Pasar Ikan Hias Johar juga menjadi bukti bahwa Semarang memiliki potensi yang besar di bidang ekonomi dan sosial budaya.

Warisan Budaya Masyarakat Jawa

Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya memiliki nilai ekonomi dan sosial, tetapi juga memiliki nilai budaya yang erat kaitannya dengan tradisi masyarakat Jawa. Sebagai warisan budaya masyarakat Jawa, Pasar Ikan Hias Johar memiliki beberapa aspek penting yang menjadikannya unik dan patut dilestarikan.

  • Filosofi Kehidupan

    Pasar Ikan Hias Johar mencerminkan filosofi kehidupan masyarakat Jawa yang menjunjung tinggi keseimbangan dan harmoni. Hal ini tercermin dari tata letak pasar yang rapi dan teratur, serta sikap pedagang yang ramah dan saling menghargai.

  • Tradisi Gotong Royong

    Pasar Ikan Hias Johar menjadi wadah bagi masyarakat Jawa untuk menjalankan tradisi gotong royong. Para pedagang saling membantu dalam menjaga kebersihan pasar, mengatur lalu lintas, dan menyelesaikan masalah bersama.

  • Seni Pertunjukan

    Pasar Ikan Hias Johar sering menjadi tempat pertunjukan seni tradisional Jawa, seperti wayang kulit dan ketoprak. Pertunjukan ini menjadi hiburan bagi pengunjung pasar sekaligus melestarikan budaya Jawa.

  • Kuliner Tradisional

    Di sekitar Pasar Ikan Hias Johar terdapat banyak warung makan yang menyajikan kuliner tradisional Jawa, seperti gudeg, nasi pecel, dan lumpia. Kuliner ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pasar dan melengkapi pengalaman berbelanja ikan hias.

See also  Tips Menguasai Bahasa Inggris Ikan Hias untuk Penghobi dan Pelaku Bisnis

Dengan demikian, Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya menjadi pusat perdagangan ikan hias, tetapi juga menjadi simbol warisan budaya masyarakat Jawa. Pasar ini menjadi tempat di mana nilai-nilai luhur Jawa, seperti keseimbangan, gotong royong, seni, dan kuliner, masih terjaga dan dilestarikan.

Pertanyaan Umum tentang Pasar Ikan Hias Johar

Pertanyaan umum ini akan membahas berbagai pertanyaan yang mungkin dimiliki pengunjung tentang Pasar Ikan Hias Johar, termasuk jam buka, lokasi, dan jenis ikan yang tersedia.

Pertanyaan 1: Jam buka Pasar Ikan Hias Johar?

Jawaban: Pasar buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Pertanyaan 2: Di mana lokasi Pasar Ikan Hias Johar?

Jawaban: Pasar terletak di Jalan MT Haryono No. 95, Kelurahan Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Pertanyaan 3: Jenis ikan apa saja yang tersedia di Pasar Ikan Hias Johar?

Jawaban: Pasar menyediakan berbagai jenis ikan hias, antara lain ikan cupang, ikan koki, ikan neon tetra, ikan arwana, dan ikan louhan.

Pertanyaan 4: Apakah harga ikan di Pasar Ikan Hias Johar terjangkau?

Jawaban: Ya, harga ikan di pasar ini umumnya terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan toko ikan hias lainnya.

Pertanyaan 5: Apakah Pasar Ikan Hias Johar menyediakan pakan dan peralatan ikan?

Jawaban: Ya, pasar ini juga menyediakan berbagai jenis pakan dan peralatan ikan, seperti makanan ikan, filter air, dan akuarium.

Pertanyaan 6: Apakah Pasar Ikan Hias Johar mudah diakses?

Jawaban: Ya, pasar ini mudah diakses karena terletak di pusat kota Semarang dan dekat dengan berbagai moda transportasi umum.

Pertanyaan umum ini memberikan informasi penting tentang Pasar Ikan Hias Johar, sehingga pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka dengan lebih efektif. Pasar ini menawarkan berbagai jenis ikan hias dengan harga terjangkau dan menyediakan pakan serta peralatan ikan yang lengkap. Dengan lokasinya yang mudah diakses, Pasar Ikan Hias Johar menjadi tujuan ideal bagi pecinta ikan hias.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi Pasar Ikan Hias Johar atau hubungi pihak pengelola pasar.

Tips Mengunjungi Pasar Ikan Hias Johar

Pasar Ikan Hias Johar menawarkan pengalaman berbelanja yang menarik dan mengesankan. Untuk memaksimalkan kunjungan Anda, berikut adalah beberapa tips yang bermanfaat:

Tip 1: Datanglah di pagi hari
Pasar Ikan Hias Johar biasanya lebih ramai pada sore hari. Dengan datang di pagi hari, Anda dapat menghindari keramaian dan mendapatkan pilihan ikan yang lebih lengkap.

Tip 2: Kenakan pakaian yang nyaman
Anda akan banyak berjalan dan menjelajahi pasar. Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang tidak licin untuk memastikan Anda tetap nyaman selama kunjungan Anda.

Tip 3: Bawa tas yang cukup besar
Jika Anda berencana membeli banyak ikan atau peralatan, pastikan untuk membawa tas yang cukup besar untuk menampung semua barang Anda.

Tip 4: Bawa kamera atau ponsel
Pasar Ikan Hias Johar menawarkan banyak pemandangan dan ikan hias yang indah. Jangan lupa membawa kamera atau ponsel Anda untuk mengabadikan momen-momen menarik.

Tip 5: Tanyakan kepada pedagang tentang ikan
Jangan ragu untuk bertanya kepada pedagang tentang ikan yang Anda minati. Mereka dapat memberikan informasi tentang jenis ikan, cara merawatnya, dan harga yang sesuai.

Tip 6: Bandingkan harga di beberapa pedagang
Pasar Ikan Hias Johar memiliki banyak pedagang yang menjual ikan yang sama. Sebelum membeli, bandingkan harga di beberapa pedagang untuk mendapatkan harga terbaik.

Tip 7: Periksa kondisi ikan sebelum membeli
Sebelum membeli ikan, periksa kondisinya dengan cermat. Pastikan ikan aktif, memiliki sirip yang utuh, dan tidak memiliki tanda-tanda penyakit.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat kunjungan ke Pasar Ikan Hias Johar menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Mengunjungi Pasar Ikan Hias Johar adalah pengalaman yang unik dan mengesankan. Dengan perencanaan dan persiapan yang tepat, Anda dapat menemukan ikan hias impian Anda dan membuat akuarium Anda lebih indah.

Kesimpulan

Pasar Ikan Hias Johar merupakan pusat perdagangan ikan hias terbesar di Jawa Tengah yang memiliki peran penting dalam industri akuarium di Indonesia. Pasar ini menawarkan beragam jenis ikan hias dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Selain itu, Pasar Ikan Hias Johar juga menjadi pusat informasi dan edukasi bagi pecinta ikan hias, serta simbol kebanggaan Kota Semarang dan warisan budaya masyarakat Jawa.

Kesimpulannya, Pasar Ikan Hias Johar tidak hanya sekadar tempat berbelanja ikan hias, tetapi juga memiliki nilai ekonomi, sosial, dan budaya yang tinggi. Pasar ini menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat, wadah pelestarian budaya, dan destinasi wisata yang menarik. Dengan keunikan dan perannya yang besar, Pasar Ikan Hias Johar menjadi aset berharga yang perlu dijaga dan dikembangkan untuk kemajuan industri akuarium dan kebudayaan Indonesia.



By Danis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *